Target Jokowi di Sea Games 2023, Motivasi atau Justru Jadi Beban Buat Atlet?
Target Jokowi di Sea Games 2023 - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Joko Widodo mendorong supaya delegasi Indonesia dapat melampaui pencapaian di SEA Games 2021 Vietnam. Lalu kira-kira apa saja target Jokowi di Sea Games 2023?

Dalam acara olahraga se- Asia Tenggara tahun kemudian, Indonesia memberhentikan posisi di urutan ketiga dengan mengumpulkan 69 medali emas, 91 perak, serta 81 perunggu. 

Target ini diungkapkan Jokowi dalam seremoni pembebasan delegasi Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa( 2/ 5/ 2023)

"Hari ini saya akan melepas kontingen SEA Games ke-32 ke Kamboja yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet, dan akan mengikuti 31 cabor," ucap Jokowi.

"Saya hanya pesan di Sea Games Vietnam kita memperoleh 69 medali emas dan peringkat ke-3."

"Nah sekarang mestinya lebih dari itu, saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3, pilihannya (peringkat) 1 atau 2," tutur Jokowi.

Target Jokowi di Sea Games 2023

Ada pula target dari Menpora Dito Ariotedjo yakni 60 medali emas dengan ditaksir peringkat 3 pada klasemen medali.

Laki- laki berusia 32 tahun itu juga menginginkan supaya ekspektasi lebih dari Presiden bisa dijadikan tambahan dorongan untuk atlet- atlet Tanah Air. 

Ya itu sudah arahan pimpinan tertinggi, panglima tertinggi kita, jadi kita sebagai prajurit ya akan mencoba semaksimal mungkin untuk meraih target tersebut," ujar Dito.

"Tapi tadi saya laporkan juga ke Bapak Presiden, target kita di 60 medali itu dengan perolehan peringkat di 3 sebenarnya hitungan kita."

"Jadi semoga motivasi dan target dari Bapak Presiden tetap kita jadikan acuan dan juga maksimal untuk atlet dari kontingen Indonesia ini bisa meraih lebih dari segitu."

Di kala SEA Games 2023 Indonesia mengirimkan 599 olahragawan buat beradu pada 31 cabang olahraga( Cabor) dari 36 cabor yang dipertandingkan.

Ini belum terhitung regu nasional tenis meja sedang diupayakan supaya dapat beradu di SEA Games 2023. 

Diketahui ada 4 olahragawan tenis meja yang direncanakan berkompetisi. Mereka terdiri dari tiap- tiap 2 atlet putra serta putri.

Tim tenis meja Indonesia baru terbentuk sesudah Kemenpora berhasil memediasi konflik antara 2 induk organisasi tenis meja.

Dito sendiri yakin kalau target lebih tinggi dari Jokowi bisa terealisasi. 

"Karena kita sudah konsensus bersama bahwa cabang olahraga yang diberangkatkan ini memang memiliki medali emas, potensi medali emas," tutur Dito Ariotedjo.

SEA Games 2023 dengan cara resmi akan mulai diselenggarakan pada 5- 17 Mei 2023.

Walaupun begitu, telah ada sebagian cabor yang mengadakan perlombaan.

Salah satunya merupakan no sepak bola putra yang sudah dihelat semenjak 29 April 2023. 

Jadi setelah mengetahui target Jokowi di Sea Games 2023, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!