Bagikan:

JAKARTA - Pelaksanaan pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2023 akan segera dimulai di Kamboja. Pada Selasa, 2 Mei pagi kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas kontingen Indonesia, di halaman Istana Negara. 

Dalam sambutannya, Jokowi memberikan pesan bahwa semua di SEA Games Kamboja 2023 ini, Indonesia harus menambah jumlah medali dan meningkatkan prestasi dari yang sebelumnya Indonesia berada di peringkat tiga. 

"Saya hanya pesan di SEA Games Vietnam, kita memperoleh saat itu medali 69 emas dan peringkat kita di peringkat ketiga. Nah sekarang semestinya lebih dari itu, saya minta emasnya di atas 69 dan peringkat juga lebih. Pilihannya peringkat satu atau dua,” kata Jokowi.

Sementara itu, cabang olahraga esports memiliki targetnya sendiri, bukan menjadi juara tiga atau dua, melainkan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) ingin Indonesia menjadi juara satu di cabor tersebut. 

"Kalau kemarin targetnya kita juara 3, sekarang harus juara satu atau dua. Tapi, kalau di esports, kita punya target jadi juara satu," ujar Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo dalam acara Pelepasan Tim Nasional Esports ke SEA Games Kamboja 2023, pada Rabu, 3 Mei. 

Bambang juga menyerukan semangat untuk semua atlet dan manajemen yang akan bertanding, membawa nama Indonesia di sana. 

"Kita harus semangat, kalau dilihat dari pelatihan tiga bulan kemarin, baik atlet putra atau putri, saya lihat punya semangat kuat di dalam pelatihan setiap hari. Disiplin, berlatih, meningkatkan intelektualnya, meningkatkan ketangkasan, serta membangun kerja sama," jelasnya. 

Ia juga mengajak atlet untuk terus meningkatkan kemampuannya, melihat mereka adalah atlet-atlet profesional terpilih yang berhasil melewati ketatnya masa penyisihan. 

"Dalam waktu tiga bulan Anda harus lebih baik dari sebelumnya, baru itu namanya keberhasilan. Jika Anda tidak memperbaiki diri maka tidak ada bedanya dengan proses rekrut dan penyisihan kemarin," pungkas Bambang. 

Sebagai informasi, jadwal pertandingan cabor esports di SEA Games Kamboja nanti akan berlangsung mulai tanggal 8 hingga 15 Mei. Untuk detail pertandingan akan menunggu informasi berikutnya nanti.