Alasan Indonesia Hanya Turunkan Enam Nomor Pertandingan <i>Esports</i> di SEA Games Kamboja
Alasan Indonesia hanya kirim enam nomor esports di SEA Games kamboja (foto: PBESI)

Bagikan:

JAKARTA - Perhelatan SEA Games 2023 akan segera berlangsung di Kamboja mulai 5 Mei mendatang. Saat ini, setiap cabang olahraga (cabor) sudah mulai melangsungkan seleksi nasional dan juga pelatihan nasional untuk para atlet. 

Dari cabor esports sendiri, SEA Games 32 memiliki sembilan nomor pertandingan, diantaranya adalah:

  1. Attack Online 2  – Tim
  2. Attack Online 2 – Individu
  3. PUBG MOBILE – Tim
  4. PUBG MOBILE – Individu
  5. League of Legends Wild Rift – Tim
  6. Valorant (PC) – Tim
  7. Cross Fire (PC) – Tim
  8. Mobile Legends Bang Bang – Tim Pria
  9. Mobile Legends Bang Bang – Tim Wanita

Namun, Indonesia hanya menurunkan enam nomor pertandingan saja, yaitu Mobile Legends Bang Bang pria dan wanita, PUBG Mobile solo dan tim, Valorant, dan juga Free Fire.

Berbicara tentang timnas Indonesia yang hanya menurunkan enak nomor saja, Tjahjono Prasetyanto selaku Ketua Badan Tim Nasional SEA Games Kamboja 2023 mengatakan alasan keputusan tersebut.

Menurutnya, Indonesia benar-benar memiliki potensi dan sangat menguasai gim tersebut saja. Sehingga, itulah yang menjadi dasar keputusan mengapa hanya enam nomor itu saja yang akan dikirimkan oleh Indonesia.

"Sebenarnya, dari 9 gim yang akan dipertandingkan di SEA Games Kamboja 2023, setiap negara di luar tuan rumah diberikan slot 7 gim. tapi, kami hanya memilih 6 kategori dikarenakan hanya 6 games tersebut yang benar-benar kita kuasai dan punya potensi,” ujar Tjahjono, mengutip instagram Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Senin, 13 Februari.

Saat ini, cabor esports Indonesia masih dalam proses seleksi nasional, yang di mana nantinya atlet-atlet yang terpilih akan melanjutkan ke pelatnas agar siap bertanding di SEA Games 2023 di Kamboja.