Presiden Jokowi Ingin Kontingen Indonesia Masuk 3 Besar SEA Games 2021, CdM: Kita Coba Bertahan di 4 Besar
CdM Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry J Kono. (Foto: Instagram @fjkono)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan keinginannya agar kontingen Indonesia bisa menembus posisi tiga besar klasemen perolehan medali SEA Games 2021. Dia mengakui hal itu tak mudah, tapi dengan seleksi yang telah dilakukan diharapkan impian itu bisa tercapai.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat melepas kontingen Indonesia SEA Games 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 9 Mei. Berkaca pada pencapaian SEA Games sebelumnya, orang nomor satu di Indonesia ini ingin ada peningkatan.

Pada SEA Games 2015 Singapura, Indonesia menempati posisi kelima. Tim Merah Putih kembali menduduki posisi yang sama pada SEA Games 2017 di Malaysia.

Sementara di SEA Games 2019 Filipina, kontingen Indonesia masuk posisi empat besar.

"Kali ini, kita ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam, kita bisa masuk ranking yang ketiga, kedua atau yang kesatu," ujar Presiden Jokowi, seperti dilansir Antara.

"Memang bukan hal yang mudah, tapi saya dengar seleksi telah dilakukan dengan baik dan saya harapkan prestasi itu benar-benar bisa menetas," lanjutnya.

Sementara itu, CdM Indonesia, Ferry J Kono mengatakan, timnya membidik posisi empat besar pada ajang SEA Games 2021. Dia pun berharap, apa yang disampaikan Presiden Jokowi dalam acara pelepasan bisa memicu motivasi dan meningkatkan rasa nasionalismen para atlet agar bisa berprestasi di Vietnam.

"Karena SEA Games ini merupakan sasaran antara menuju kualifikasi Olimpiade Paris 2024 sehingga pada kali ini kita akan coba bertahan pada posisi empat besar," kata Ferry Kono.

"Kami harapkan, semangat baru ini, khususnya yang tadi diberikan Bapak Presiden bisa menimbulkan rasa nasionalisme yang lebih tinggi lagi sehingga kami berjuang maksimal di SEA Games nanti," sambungnya.

Ferry kemudian mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar tim nasional dapat meraih prestasi terbaik.

"Mengingat kita bertanding di negara lain, tentu akan banyak tekanan dari tuan rumah, kita harapkan doa dan support akan memompa semangat atlet-atlet kita," kata Ferry Kono.