Bocoran Atlet Pembawa Bendera di Pembukaan SEA Games 2021: Muda, Punya Potensi Besar
Wakil Ketua CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Tubagus Ade Lukman (kiri). (Dok. Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA – Wakil Ketua Chief de Mission (CdM) SEA Games Hanoi 2021, Tubagus Ade Lukman, mengakui pihaknya sudah memilih atlet yang ditugaskan membawa bendera Merah Putih saat defile kontingen Indonesia pada pembukaan. Namun, dia enggan membeberkan nama sang atlet.

"Itu nanti akan kami umumkan. Ketua CdM (Fery Kono) yang akan menyampaikan," ujar Ade Lukman saat dihubungi VOI.

Dia hanya memberikan bocoran terkait sosok pembawa bendera Indonesia pada pembukaan nanti. Menurutnya, sosok ini diharapkan bisa menjadi penyebar semangat kepada atlet lain.

"Yang pasti itu atlet ternama tapi juga masih muda serta punya potensi yang besar karena sebagai flag bearer dia akan menjadi wakil dari seluruh atlet yang lain," kata Ade Lukman.

Pada SEA Games 2019, atlet polo air, Ridjkie Mulia, ditunjuk sebagai pembawa bendera Merah Putih di Pembukaan.

Kontingen Indonesia sudah mengumumkan akan memberangkatkan 476 atlet dari 31 cabang olahraga ke Hanoi 2021.

Untuk tahun ini, dari 476 atlet yang dikirim oleh Indonesia, sebanyak 246 atlet di antaranya termasuk dalam 24 cabang olaraga Design Besar Olahraga Nasional (DBON).

Sementara itu, dari non-DBON jumlah atlet yang diberangkatkan sebanyak 230 dari 18 cabang olahraga.

SEA Games Hanoi akan berlangsung pada 12-23 Mei mendatang di 12 kota di Vietnam. Untuk tahun sebanyak 40 cabang olahraga akan dilombakan pada 526 nomor pertandingan.

Sebelumnya, Ade Lukman mengatakan kontingen Indonesia tidak dipatok target jumlah perolehan medali pada SEA Games Hanoi 2021. Menurutnya, SEA Games kali ini merupakan ajang persiapan kontingen Indonesia yang diproyeksikan untuk Olimpiade Paris 2024.

"Sehingga kami tidak menargetkan raihan medali jumlahnya berapa apa segala macam karena ini sasaran antara adalah persiapan tim Indonesia, atlet-atlet elit Indonesia untuk menuju ke Olimpiade," kata Ade Lukman.