Bagikan:

JAKARTA - Atlet renang peraih Flairene Candrea Wonomiharjo bakal menjadi pembawa bendera (flag bearer) Merah Putih di Opening Ceremony SEA Games 2023 Kamboja.

Peraih medali emas nomor 100 meter gaya punggung di SEA Games 2021 Vietnam itu termasuk dalam 25 perwakilan atlet yang akan menjadi bagian defile Indonesia di acara pembukaan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat, 5 Mei besok.

”Sebuah kehormatan dan pastinya saya sangat senang sekali bisa menjadi representasi Indonesia di Asia Tenggara dengan membawa bendera Merah Putih. Ini kesempatan yang tidak mungkin saya tolak. Pokoknya saya sangat bangga,” kata Flair dalam keterangan yang diterima.

Selain Flairene bersama rekan-rekan atlet, defile Indonesia juga diikuti oleh ofisial, Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia, serta perwakilan dari tim Chef de Mission (CdM) sehingga total kurang lebih ada 45 orang.

Cabang olahraga yang ikut ambil bagian dalam defile adalah karate, teqball, renang, pencak silat dan sepak takraw.

Ketua CdM Lexyndo Hakim mengatakan ini adalah penampilan defile terbaik yang bisa dipersembahkan untuk saudara-saudara sesama negara ASEAN. Selain memperkenalkan wajah Indonesia, defile ini juga menjadi perwakilan dari kekuatan Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. 

”Selain itu, SEA Games ini juga seklaigus jadi batu loncatan kita Tim Indonesia untuk menyongsong Asian Games 2022 Hangzhou dan Olimpiade 2024 Paris. Ini semua menjadi perjalanan panjang prestasi atlet Indonesia yang dimulai dari SEA Games Kamboja,” kata Lexy.

Tim Indonesia menurunkan 599 atlet yang turun di 31 cabang olahraga pada SEA Games kali ini. Indonesia memasang target minimal bisa mendapat 60 medali emas.

SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah acara multicabang di kawasan negara-negara Asia Tenggara itu.