Sekjen KONI Ferry Kono Ditunjuk Jadi Chief de Mission Tim Indonesia untuk SEA Games Hanoi
Ferry Kono (ketiga dari kiri) (Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KONI) Ferry Kono resmi ditunjuk menjadi Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games Hanoi 2021. Ia dibantu Tubagus Ade Lukman sebagai wakil.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menetapkan susunan tim Indonesia dalam pengumuman kontingen Indonesia di Jakarta pada Rabu, 30 Maret. Membantu kedua sosok itu adalah Teuku Arlan Perkasa Lukman (Deputi I) dan Zaenal Asikin Mochtar (Deputi II).

"Karena Komite Olimpiade Indonesia bertugas terkait hubungan olahraga nasional, Chef de Mission dipimpin oleh Ferry Kono selaku Sekretaris Jenderal KONI," kata Amali di Auditorium Kantor Menpora, Jakarta.

Ferry merupakan sosok berpengalaman di bidang olahraga. Ia merupakan Bendahara Umum CdM Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, CdM Special Olympic Games (SOINA) 2019 Abu Dhabi, Penanggung jawab CdM SEA Games 2019 Manila dan juga Olimpiade 2020 Tokyo.

Sementara itu, Ade Lukman pernah menjadi bagian Tim CdM Olimpiade 2012 London, Asian Indoor & Martial Art 2013 Incheon, Asian Games 2014 Incheon serta Wakil CdM SEA Games 2015 Singapura.

Adapun Arlan yang juga merupakan Komite Eksekutif NOC Indonesia merupakan Tim CdM SEA Games 2019 Manila dan juga Olimpiade Tokyo. Kemudian, Asikin menjabat sebagai Deputi CdM SEA Games 2019 Manila serta Deputi CdM Olimpiade 2020 Tokyo.

"Kehormatan bagi saya mendapat kepercayaan untuk menjadi CdM SEA Games Vietnam. Tantangan ini tidak mudah, tetapi dengan sinergi semua pihak, saya bersama Tim CdM akan berusaha optimal agar atlet-atlet kita dapat berangkat dan bertanding dengan nyaman sehingga Indonesia dapat memberikan prestasi," kata Ferry.

SEA Games Hanoi 2021 bakal digelar pada 12-23 Mei nanti. Indonesia mengirim sebanyak 476 atlet dari 32 cabang olahraga.

Kontingen Indonesia berkekuatan 738 personil yang terdiri dari 476 atlet, 207 official, dan 55 headquarter. Indonesia berkompetisi pada 32 cabang olahraga, yakni angkat besi, atletik, balap sepeda, bulu tangkis, karate, menembak, panahan, pencak silat, renang, senam artistik, taekwondo, wushu, kano serta rowing yang merupakan bagian dari cabang olahraga DBON. Dua cabang olahraga terakhir dinaungi satu federasi nasional yakni PODSI.

Sementara 18 cabang olahraga lainnya adalah anggar, boling, catur, esports, gulat, jujitsu, judo, kickboxing, selam, sepak bola putra, sepak takraw, tenis, tinju, triathlon, voli indoor, voli pantai, basket, vovinam, serta golf.

SEA Games ke-31 akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan 526 nomor event. Ini merupakan kali kedua Vietnam tampil sebagai tuan rumah multi event bergengsi dua tahunan kawasan Asia Tenggara. Kali terakhir Vietnam menjadi tuan rumah pada 2003.