Kabar Gembira! SEA Games Vietnam 2021 Sudah Bisa Dihadiri Penonton, Tiket Diberikan Gratis
Foto: Twitter.com/@IndonesiaHanoi (KBRI Hanoi)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik datang jelang gelaran SEA Games Vietnam 2021 di Hanoi pada 12-23 Mei mendatang. Meski digelar di tengah situasi COVID-19 acara ini tetap bisa dihadiri penonton, pihak penyelenggara bahkan memberikan tiket secara gratis untuk para penonton.

Menurut Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam, Ferry J Kono keputusan soal

agenda yang mulai bisa dihadiri penonton itu diambil penyelenggara dengan pertimbangan bahwa tingkat vaksinasi di Hanoi sebagai kota tuan rumah SEA Games sudah tinggi.

“Saat ini (SEA Games) dibolehkan ditonton oleh penonton dan tidak membagikan tiket (gratis). Artinya, orang bebas menonton. Karena penontonnya bebas, di sana orang sudah divaksin," ujar Ferry dikutip dari Antara.

Dengan diperbolehkannya kehadiran penonton di lokasi penyelenggaraan, Ferry kemudian mengatakan bahwa ia telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Hal itu sengaja dilakukan untuk mengerahkan dukungan kepada para atlet yang bertanding nanti.

“Nanti khusus di beberapa pertandingan kita di final nanti dari KBRI akan bantu untuk mengerahkan massa," kata Ferry.

 "Kami tim CdM diharapkan nanti akan memenuhi arena pertandingan," lanjutnya.

 Meski sudah mendapat lampu hijau soal kehadiran penonton, tapi pada kenyataannya pesta olahraga terbesar tingkat Asia Tenggara ini masih dihelat di tengah situasi pandemi. Maka dari itu, protokol kesehatan akan tetap diterapkan dengan ketat. 

 Sementara itu  Vietnam baru saja melonggarkan deklarasi kesehatan, dimana itu artinya bagi siapa pun yang masuk ke Vietnam tidak lagi wajib mengisi formulir deklarasi kesehatan. Namun demikian, Ferry tetap menegaskan bahwa para atlet tetap melakukan pemeriksaan berkala.

 "Namun untuk peserta tetap diwajibkan untuk melakukan tes antigen dua hari sekali, dan itu akan kita mulai saat keberangkatan kita dengan melakukan PCR," ujar Ferry menjelaskan.