Ini Cabor yang Diharapkan Bisa Menyumbang Medali Emas Pertama Indonesia di SEA Games 2021
Atlet pencak silat Indonesia untuk SEA Games 2021 berangkat menuju Hanoi, Vietnam. (Foto via ANTARA/NOC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 21 atlet pencak silat Indonesia berangkat menuju Hanoi untuk mengikuti SEA Games 2021, Sabtu 7 Mei. Keberangkatan merkea dilepas Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Ferry J Kono.

CdM Indonesia berharap pencak silat menjadi cabang olahraga yang menyumbang medali emas perdana pada SEA Games 2021. Perlu diketahui, atlet pencak silat akan bertanding di Bac Tu Liem Sporting Hall, Hanoi, pada 10 Mei.

Pada tanggal itu, sejumlah nomor akan langsung memperebutkan medali. Nomor tersebut adalah seni regu putra, regu putri, dan ganda putra.

"Kami berharap emas pertama bagi Indonesia di SEA Games Vietnam bisa dipersembahkan oleh atlet-atlet pencak silat," kata Ferry, seperti dilansir Antara.

Asa yang diutarakan Ferry bukan tanpa alasan mengingat pencak silat menjadi cabang andalan Indonesia di berbagai multievent.

Pada SEA Games 2019 Filipina, tim pencak silat Merah Putih menempati posisi teratas dalam perolehan medali dengan membawa pulang 2 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Bahkan saat SEA Games 2018 Jakarta-Palembang, pencak silat mendulang 14 emas dan 1 perunggu.

"Kami berharap prestasi yang sudah ditorehkan pencak silat dapat terulang lagi di SEA Games Vietnam,” ujar Ferry menambahkan.

Manajer pencak silat Maryatno mengatakan, atlet dalam kondisi terbaik dan siap berjuang mengharumkan nama Indonesia. Berbicara peta kekuatan, Maryatno mengatakan lawan terberat merupakan tuan rumah, Thailand, dan Singapura.

"Ada 21 atlet, target kami dapat emas. Mereka siap tempur untuk mengharumkan nama baik bangsa dan negara," kata Maryatno.