Menpora Bicara Target di SEA Games 2023 dan Bonus untuk Atlet
Menpora Dito Ariotedjo (tengah). (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo telah mengumumkan jumlah kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 di Kamboja. Dia mengatakan, pemerintah menerapkan target agar Indonesia bisa tetap menempati posisi tiga besar di klasemen akhir.

Namun meski target posisi akhir masih sama, Menteri 32 tahun ini berharap perolehan jumlah medali bisa meningkat.

“Untuk target medali perolehan itu kita ingin bertahan di nomor tiga, tapi dengan target medali sebanyak 60 medali ya, Inshaallah kita meleset ya tapi melesetnya ke atas,” kata Dito Ariotedjo di sela pengumuman kontingen SEA Games 2023 di media centre Kemenpora, Jakarta pada Senin, 17 April.

Setelah menyampaikan target, Dito juga mengatakan bahwa setiap prestasi yang diraih para atlet di Kamboja akan mendapat apresiasi. Hal itu berupa bonus yang nantinya akan diberikan sesuai ketentuan.

"Untuk bonus itu ada, tapi nanti mengikuti peraturan yang sudah dikeluarkan Menteri Keuangan. Jumlahnya belum ada perubahan sampai hari ini dengan yang terakhir," lanjutnya.

Jika melihat data dari SEA Games edisi sebelumnya di Vietnam, pemerintah menggelontorkan sekitar Rp130,5 miliar untuk bonus atlet.

Rinciannya ada Rp350-500 juta untuk medali emas, Rp210-300 juta untuk perak dan Rp105-150 juta untuk perunggu.

Untuk SEA Games 2023 di Kamboja pada 5-17 Juni mendatang, Menpora telah merilis bahwa akan ada 599 atlet yang berangkat. Jumlah itu meliputi 31 cabang olahraga (cabor), dengan prioritas cabor beregu.