Menpora soal Bonus SEA Games 2021: Presiden Jokowi akan Memberi Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih, Tinggal Tunggu Waktunya
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan apresiasi kepada para atlet yang menorehkan prestasi di ajang SEA Games 2021 Hanoi berupa bonus.

Ini juga sebagai bentuk ucapan terima kasih atas perjuangan para atlet mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Menurut Menpora, bonus untuk atlet di kancah multi event seperti SEA Games sudah tertuang dalam aturan dan regulasi yang berlaku di Indonesia.

"Insyaallah Bapak Presiden Joko Widodo akan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para atlet dan para pelatih, sama dengan SEA Games, Asian Games dan Olimpiade yang lalu. Karena ini multi event jadi sudah ada aturan yang mengatur itu Insyaallah tinggal tunggu waktunya aja," ujar Menpora dalam lama resmi kementerian, Selasa, 23 Mei.

Meski telah memastikan pencairan bonus, tapi Menpora belum bisa menyebutkan jumlah pasti nominal yang akan diterima masing-masing atlet atau cabor yang mendapatkan medali SEA Games Hanoi 2021.

"Untuk jumlahnya belum diberitahukan saat ini, tapi nanti pasti kita semua lihat," kata Menpora, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Di hari terakhir penutupan SEA Games Hanoi 2021, Indonesia sukses menduduki peringkat ketiga di klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2021.

Menpora menilai hasil yang didapatkan dari SEA Games 2021 merupakan progres baik dari keputusan pengurangan jumlah atlet yang berangkat ke Vietnam dibandingkan SEA Games Filipina 2019. Seperti diketahui, jumlah atlet yang dikirimkan jauh berkurang dari sebelumnya.

"Kami hanya mengirim yang benar-benar lolos dari tim review," katanya

Secara keseluruhan, Kontingen Indonesia sukses mengumpulkan total 241 medali di SEA Games 2021. Rinciannya adalah 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Pencapaian ini merupakan prestasi terbaik Indonesia secara posisi sejak menjadi juara umum pada 2011 lalu.