Bonus Atlet Indonesia Peraih Medali SEA Games 2023 di Kamboja, Pemerintah Gelontorkan Dana Besar
Atlet Indonesia peraih medali SEA Games (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kompetisi olahraga tingkat Asia Tenggara (SEA Games) tengah berlangsung mulai 5-17 Mei 2023.  Hingga saat ini sudah ada sebanyak 70-an atlet Indonesia yang meraih medali. Saat pulang ke tanah air, para atlet tersebut nantinya akan mendapat hadiah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Banyak yang bertanya berapa bonus atlet peraih medali SEA Games?

Kemenpora memastikan akan memberikan bonus besar kepada para atlet peraih medali di SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja mulai 5-17 Mei. Dito Ariotedjo, Menpora, menyampaikan bahwa secara keseluruhan bonus SEA Games kali ini masih sama dengan bonus edisi sebelumnya di SEA Games Vietnam 2021. 

“Setahu saya aturannya (bonus SEA Games) belum berubah dari yang terakhir,” kata Menpora Dito.

Kemenpora mengatakan jumlah bonus yang diberikan bergantung pada keputusan pemerintah, dengan menyesuaikan kalkulasi Kementerian Keuangan. Berapa besaran bonus atlet Indonesia peraih medali SEA Games tahun ini?

Bonus Atlet Indonesia Peraih Medali SEA Games 2023

Pemerintah Indonesia menggelontorkan dana sebesar total Rp130,5 miliar untuk atlet peraih medali SEA Games. Nominal tersebut sama seperti yang dikucurkan pemerintah untuk bonus atlet pada gelaran SEA Games di Vietnam sebelumnya. 

Bonus tertinggi yang akan diserahkan pemerintah yakni berjumlah Rp500 juta bagi atlet peraih medali emas pada sektor tunggal. Selain bonus dengan nilai tersebut, rincian lainnya yakni: 

  • Peraih emas sektor ganda mendapat Rp400 
  • Peraih medali perak pada kategori tunggal, ganda, dan beregu masing-masing mendapat Rp300 juta, Rp240 juta, dan Rp120 juta
  • Peraih medali perunggu untuk kategori tunggal, ganda, dan beregu masing-masing mendapat Rp150 juta, Rp120 juta, dan Rp105 juta

Atlet yang Mewakili Indonesia untuk SEA Games di Kamboja

Pada ajang SEA Games tahun ini, Indonesia mengirimkan sebanyak 599 atlet dari 31 cabang olahraga untuk berkompetisi. Para atlet terbang ke Kamboja didampingi 230 ofisial dan 55 tenaga medis untuk menunjang kekuatan tim. 

Demikianlah ulasan mengenai bonus atlet Indonesia peraih medali SEA Games 2023. Presiden Joko Widodo menargetkan pencapaian sebanyak 69 medali emas bagi kontingen Indonesia. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.