Cara PSSI Mengobati Rasa Rindu Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Tak Bisa Lebaran di Kampung Halaman
Pelatih Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023, Indra Sjafri. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memastikan keluarga pemain yang mengikuti persiapan SEA Games 2023 akan diundang oleh PSSI untuk datang ke Jakarta selama liburan Lebaran nanti.

Undangan itu mengikuti arahan Ketua Umum PSSI Erick Thohir setelah para pemain dipastikan tidak mendapat liburan Idul Fitri. Orang tua mereka akan didatangkan sampai keberangkatan tim ke ajang dua tahunan itu.

"Jadi, arahan Ketua Umum (PSSI) mendatangkan keluarga mereka saat Lebaran sampai melepas mereka untuk berangkat ke SEA Games," ujar Indra Sjafri di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Minggu, 16 April malam.

Indra mengatakan bahwa rencananya orang tua pemain akan diundang datang ke Jakarta selepas Lebaran pertama nanti.

"Lebaran pertama dan kedua keluarganya akan silaturahmi di kampungnya lalu akan kami datangkan ke (Hotel) Sultan sampai tim berangkat,” kata dia.

Pemain tim nasional Indonesia U-22 tidak mendapat jatah liburan Lebaran karena harus menyiapkan diri mereka untuk menyambut ajang SEA Games Kamboja 2023 yang dimulai 5 Mei mendatang.

Meski baru berlangsung awal bulan depan, cabang olahraga sepak bola sudah mulai digelar pada 29 April mendatang. Indonesia pun akan memainkan laga perdana fase grup melawan Filipina di tanggal tersebut.

"Jadi saya akan bicara dengan pemain, minta pengertian mereka bahwa kami Lebaran ini tidak libur karena memang risikonya tidak semua pemain itu kota asalnya terjangkau," ujar Indra.

Indonesia sudah 32 tahun puasa medali emas dari cabor sepak bola di ajang dua tahunan ini. Terakhir kali Garuda juara di ajang itu adalah pada tahun 1991 saat ajang ini berlangsung di Filipina.

Itu adalah emas kedua buat Indonesia dalam sejarah multicabang olahraga di kawasan Asia Tenggara ini. Satu medali emas lainnya didapat Indonesia pada tahun 1987 di Jakarta.

Terkait