Deretan Atlet MMA Terkaya: Siapa yang Unggul, Conor McGregor atau Khabib Nurmagomedov?
Petarung UFC, Conor McGregor. (Foto: Twitter/@TheNotoriousMMA)

Bagikan:

JAKARTA - Seni bela diri campuran (MMA) menjadi salah satu olahraga dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Risiko cukup besar membayangi olahraga keras ini lantaran para petarung rela mempertaruhkan tubuh demi menyajikan hiburan menarik.

Tidak mengherankan jika para petarungnya mendapat banyak penghargaan atas kerja keras mereka di atas ring. Selain itu seni bela diri ini dianggap menjadi yang paling menjanjikan soal materi.

Beberapa petarung dalam olahraga ini bahkan kini menjadi triliuner dengan rekening bank yang membengkak. Selain itu. banyak dari petarung yang meninggalkan olahraga ini kemudian mampu mengukir karier yang sukses di bidang lain, termasuk industri film.

Berikut adalah daftar 10 bintang MMA yang telah menghasilkan banyak uang dari olahraga brutal ini, ada beberapa yang telah memutuskan pensiun:

Conor McGregor (Rp1,6 Triliun)

Conor McGregor bisa dibilang petarung MMA paling terkenal saat ini. Tak hanya itu, dia juga salah satu yang paling kontroversial berkat tingkahnya di dalam dan di luar ring.

Petarung asal Irlandia itu sejauh ini tercatat sebagai bintang MMA terkaya di antara rekan-rekannya. McGregor tercatat mengantongi kekayaan 88,5 juta poundsterling (Rp1,6 triliun).

Sebagian besar kekayaannya itu berasal dari hasil pertarungan dengan legenda tinju, Floyd Mayweather.

Setelah pertandingan mereka pada 2017, Connor mengklaim memperoleh lebih dari 80 juta poundsterling (Rp1,4 triliun). McGregor juga memperoleh banyak uang dari kerjasama dengan merek-merek besar termasuk Beats by Dre, Monster Energy, Reebok, dan Bud Light.

Rorian Gracie (Rp741 Miliar)

Sebagai salah satu pendiri UFC, Rorian sering dianggap sebagai salah satu pelopor olahraga keras ini. Atlet blasteran Brasil-Amerika ini juga merupakan Grand Master Jiu-Jitsu dan merupakan salah satu dari sedikit orang di dunia yang memegang sabuk merah tingkat 9 di Brazilian Jiu-Jitsu.

Tak puas dengan pencapaian gelar itu, pria 71 tahun ini juga berprofesi sebagai produser, dosen, dan pengacara. Dengan semua penghargaan dan prestasinya Rorian menempati urutan kedua dalam daftar dengan kekayaan sekitar 40,2 juta poundsterling (Rp741 miliar)

Khabib Nurmagomedov (Rp556 miliar)

Khabib Nurmagomedov menjadi nama yang dominan sepanjang kariernya di MMA. Petarung asal Rusia itu adalah juara kelas ringan terlama dalam sejarah UFC. Ia memiliki rekor profesional 29-0 dan memiliki beberapa pertarungan yang tak terlupakan dengan Connor McGregor.

Khabib menempati posisi bintang MMA terkaya ketiga dengan kekayaan yang dilaporkan mencapai 30,2 juta poundsterling (Rp556 miliar). Penghasilan itu tak lepas dari label sebagai petarung UFC dengan bayaran tertinggi dengan gaji 5,5 juta poundsterling (Rp101 miliar) pada tahun 2020 hingga pensiun.

Berbicara tentang kesuksesannya, Khabib pernah berkata, "Saya datang ke UFC untuk bertarung dengan petarung tingkat atas dan menjadi juara yang tak terbantahkan dan tak terkalahkan. Ini adalah tujuan saya."

Georges St Pierre (Rp444 miliar)

Meski kini telah pensiun, Georges St Pierre disebut-sebut sebagai petinju kelas welter terhebat dalam sejarah UFC oleh banyak kritikus. Petarung asal Kanada juga merupakan mantan juara kelas welter tiga kali dan telah dilantik ke dalam Hall of Fame UFC.

Sebagai salah satu bintang promosi teratas, ia meraih sembilan gelar berturut-turut sepanjang kurun waktu 2008 hingga 2013. Kekayaan yang dikumpulkan adalah hasil dari pekerjaan yang dia lakukan dalam karir MMA dan termasuk bentuk kerjasama lain, sebelum pensiun St Pierre menghasilkan lebih dari 4,8 juta poundsterling (Rp88 miliar) per pertandingan.

Dia juga berhasil meluncurkan karier akting, muncul di film-film seperti Captain America: The Winter Soldier dan Kartel 2017. Dengan karir di ring maupun di luar itu ia diyakini mencatatkan kekayaan bernilai sekitar 24,1 juta poundsterling (Rp444 miliar).

Brock Lesnar (Rp370 miliar)

Bicara tentang beberapa orang berpengaruh dalam olahraga pertarungan, sangat sedikit yang membanggakan dominasi Brock Lesnar. Padahal, dia memulai karier sebagai pegulat dan mengalahkan The Rock untuk memenangkan Kejuaraan WWE pertamanya pada tahun 2002.

Brock beralih ke MMA, menandatangani kontrak dengan UFC, dan dengan cepat menjadi juara kelas berat di ajang tersebut. Sejak kembali ke WWE telah menjadi pegulat dengan bayaran tertinggi. Ia membawa pulang gaji sebesar 4,3 juta poundsterling (Rp79 miliar) dengan jadwal yang relatif ringan, total kekayaan yang diperkirakan bernilai sekitar 20,1 juta poundsterling (Rp370 miliar).

BJ Penn (Rp370 miliar)

Dia mungkin mengalami 14 kekalahan atas namanya, tetapi BJ Penn masih dianggap sebagai salah satu petarung terhebat yang pernah ada di UFC. Pria Amerika berusia 44 tahun ini juga seorang praktisi Jiu-Jitsu Brasil dan telah memenangkan gelar kelas ringan dan welter.

Penn tetap menjadi salah satu dari tiga petarung yang mencapai prestasi tersebut dan memecahkan beberapa rekor divisi ringan selama menggenggam sabuk tersebut. Dengan usaha bisnisnya dan banyak kerja sama yang dijalin, penghasilannya setara dengan Brock Lesnar dalam daftar petarung MMA terkaya.

Anderson Silva (Rp295 miliar)

Dijuluki The Spider, Anderson Silva telah membuktikan dirinya sebagai salah satu petarung kelas menengah atas di UFC. Pria berdarah Brasil-Amerika itu masih memegang rekor gelar terlama dalam sejarah UFC dengan kurun waktu 2.457 hari.

Rekornya itu dimulai pada 2006 dan berakhir pada 2013 dengan rekor 16 kemenangan beruntun dalam jangka waktu tersebut. Catatan itu sangat mengesankan sehingga presiden UFC Dana White, komentator Joe Rogan, dan beberapa orang dalam industri menyebutnya petarung MMA terhebat sepanjang masa.

Kesuksesannya di Oktagon, endorsement, dan transaksi bisnis telah memberinya penghasilan sebesar 16 juta poundsterling (Rp295 miliar).

Fedor Emelianeko (Rp265 miliar)

Bagi banyak pejuang MMA yang bersaing di UFC, mengantongi promosi terbesar adalah tujuan akhir tetapi Fedor Emelianeko justru sebaliknya. Ia telah membuat nama besar untuk dirinya sendiri sebelum bergabung dengan UFC.

Ia disebut sebagai salah satu petarung MMA terhebat sepanjang masa. Pria Rusia berusia 46 tahun itu telah memenangkan banyak kejuaraan di beberapa cabang olahraga sejak debutnya pada tahun 2000, ia bahkan telah menjalani 10 tahun tak terkalahkan setelah mengalami kekalahan kontroversial pada Desember 2000.

Dia baru saja pensiun pada bulan Februari setelah kalah dari Ryan Bader untuk Kejuaraan Dunia Kelas Berat Bellator. Dengan perjalanan karirnya Emelianeko diperkirakan memiliki kekayaan bernilai 14,4 juta poundsterling (Rp265 miliar).

Wanderlei Silva (Rp265 miliar)

Kehebatan Wanderlei Silva mengharumkan namanya di UFC. Selain itu ia juga menjadi monster di Kejuaraan Pertarungan Kebanggaan Jepang dengan memegang rekor untuk KO, kemenangan, dan pertahanan gelar terbanyak.

Bintang Brasil-Amerika setinggi 6 kaki ini dikenal karena gaya perkelahiannya yang agresif dibandingkan dengan perkelahian jalanan. Keahliannya yang mengesankan telah membuatnya disayangi oleh jutaan pejuang MMA dan telah memberinya penghasilan 14,4 juta poundsterling (Rp265 miliar) yang luar biasa.

Randy Couture (Rp251 miliar)

Randy Couture menjadi salah satu legenda UFC, dia juga salah satu dari tujuh petarung yang memenangkan kejuaraan kelas berat lebih dari satu kali.

Randy telah berkompetisi dalam rekor 16 pertarungan gelar dan merupakan satu dari dua orang yang memenangkan kejuaraan UFC melewati usia 40 tahun.

Meski pensiun pada tahun 2011 tetapi dia menemukan kesuksesan lain dengan penampilan di film dan acara TV. Ia pernah membintangi The Expendable juga Setup bersama Bruce Willis dan 50 Cent hingga The Scorpion King 2: Rise of a Warrior.

Deretan film yang dibintangi juga kariernya di ting telah membuat orang Amerika berusia 59 tahun itu mengantongi harta sebesar 13,6 juta poundsterling (Rp251 miliar)