Menang atas India, Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Lolos ke Semifinal BATC sebagai Juara Grup
Pebulu tangkis tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay saat tampil melawan Korea Selatan pada penyisihan Grup A Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022 (HUMAS PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis putra Indonesia menang atas India di pertandingan terakhir penyisihan Grup A Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022 (BATC). Hasil ini membuat tim Merah Putih berhak lolos dengan status juara grup.

Indonesia kehilangan angka di laga pertama dan terakhir untuk menyudahi duel dengan skor akhir 3-2 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, pada Jumat, 18 Februari.

Chico Aura Dwi Wardoyo yang turun pada pertandingan pertama menelan kekalahan dari mantan nomor satu dunia di level junior Lakshya Sen. Wakil Indonesia itu ditekuk dengan skor 21-18, 27-25 dalam tempo 46 menit.

Indonesia kemudian mendulang tiga angka beruntun setelah itu. Kemenangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, berhasil mengubah papan skor menjadi 3-1.

Leo/Daniel mengukir kemenangan atas Manjit Singh Khwairakpam/Dingku Singh Konthoujam, Ikhsan menekuk Kiran George, sedangkan Bagas/Fikri menjalani laga paling singkat 22 menit untuk mengalahkan Hariharan Amsakarunan/Ruban Kumar Rethinasabapathi.

Dari lima wakil Indonesia yang turun pada pertandingan ini hanya Ikhsan dan Yonathan Ramlie yang menjalani laga tiga set. Ikhsan melakoni laga berdurasi 66 menit untuk menang dengan skor akhir 21-13, 17-21, 21-10.

Sementara itu, nasib sebaliknya dialami Yonathan. Ia bangkit setelah kehilangan set pertama, tetapi tidak bisa mempertahankan penampilannya sehingga harus menyerah 12-21, 21-15, 17-21 dari Mithun Manjunath. 

Pada Kamis kemarin, tim putra naik ke posisi teratas grup setelah mengalahkan Korea dengan skor 3-2. Korea yang hari ini berhasil mengalahkan Hong Kong lolos ke babak semifinal dengan menyandang status sebagai runner up.

Sebelumnya, tim putri juga berhasil lolos ke babak semifinal dengan status juara Grup Z. Gregoria dan kawan-kawan menyapu bersih semua laga dengan kemenangan termasuk menundukkan Korea Selatan pada Kamis, 17 Februari kemarin.

Tim putra merupakan juara bertahan pada kompetisi yang menjadi kualifikasi Piala Thomas dan Uber ini. Di edisi sebelumnya pada tahun 2020 lalu, skuad Garuda pulang membawa gelar setelah menang atas Malaysia saat kejuaraan digelar di Filipina.