Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis putra Indonesia menyiapkan formasi terbaik untuk menghadapi Korea Selatan. Terlebih tiket semifinal semakin lapang bagi tim pemenang dari laga ini. 

Indonesia dan Korea Selatan dijadwalkan bertemu di pertandingan kedua babak penyisihan Grup A Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu (BATC) 2022. Laga ini tersaji di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, pada Kamis, 17 Februari pagi.

Pelatih ganda putra Aryono Miranat mengatakan bahwa duel melawan Korea Selatan begitu penting bagi penentuan nasib tim Indonesia. Untuk itu Chico Aura Dwi Wardoyo dituntut wajib menang untuk bisa segera mengamankan tiket semifinal.

"Pertandingan lawan Korea besok itu sangat penting. Kansnya seimbang, 50-50. Kalau kita bisa menang, tiket ke semifinal itu rasanya makin dekat. Tetapi itu juga tidak mudah dan perlu perjuangan keras," kata Aryono dalam keterangan yang diterima VOI.

Korea dan Indonesia memulai perjalanan di Grup A dengan sangat baik. Merah Putih berhasil menang dengan skor 4-1 atas Hong Kong, sedangkan Korea tampil lebih garang dengan mencukur India 5-0.

Melihat kekuatan Korea itu, skuad Garuda Muda pun serius mempersiapkan diri. Termasuk menjalani latihan selama dua jam ini pada Rabu, 16 Februari, di Setia Badminton Hall, Selangor.

"Kita sudah melakukan evaluasi, terutama untuk pemain ganda. Yang kemarin ada yang kurang-kurang, tentu akan kita perbaiki. Yang pasti kami akan tampil dengan tim terbaik," kata Aryono.

Pelatih tunggal putra Harry Hartono mengatakan bahwa peta kekuatan Indonesia di sektornya tetap seimbang dengan lawan. Apalagi Chico, Ikhsan Rumbay, dan Christian Adinata mengaku belum pernah ketemu dengan pemain-pemain Korea yang melawan India.

Harry juga percaya diri karena tiga pemain tunggal putra binaannya tersebut menunjukkan progres yang bagus. Mereka sebagian besar baru pertama kali main di kejuaraan beregu senior, tetapi berhasil menampilkan permainan terbaik dan percaya diri. 

"Yang semakin menggembirakan, mereka bisa cepat beradaptasi dengan arena. Terutama Chico yang begitu percaya diri bisa mengalahkan Lee Cheuk Yiu, pemain yang sulit dikalahkan Anthony Ginting," kata Harry.