Indonesia Lolos Piala Uber 2024
Pebulu tangkis tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis putri Indonesia memastikan diri lolos ke Piala Uber 2024 setelah mencapai semifinal Badminton Asia Team Championship (BATC) 2024.

Indonesia menapaki babak semifinal BATC 2024 setelah mengalahkan Malaysia di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Jumat, 16 Februari 2024, siang WIB.

Ester Nurumi Tri Wardoyo dan kawan-kawan tampil mengesankan saat mengalahkan Malaysia. Mereka menggebuk Negeri Jiran dengan skor telak 3-0 untuk memperpanjang perjalanan ke babak empat besar BATC 2024.

Selain Ester, dua poin Indonesia disumbangkan oleh tunggal putri Putri Kusuma Wardani dan pasangan ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

Ester mengalahkan Wong Ling Ching, Putri menang atas Karupathevan Letshanaa, dan Lanny/Ribka menghentikan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Ketiga wakil ini sama-sama menang dalam rubber game.

Lolos ke semifinal BATC 2024 membuat Indonesia pun otomatis mendapat satu tiket ke putaran final Piala Uber 2024. Ajang ini akan berlangsung pada Mei 2024.

Total, ada jatah empat tiket ke putaran final Piala Uber untuk zona Asia. Selain Indonesia, tiga jatah tiket lainnya didapat oleh India, Thailand, dan Jepang.

Keberhasilan lolos ke babak semifinal BATC 2024 membuat Indonesia menjaga asa mempertahankan gelar. Merah-Putih datang ke ajang ini dengan status sebagai juara bertahan.

Pada babak semifinal, Indonesia akan bersua Thailand. Negeri Gajah Putih lolos ke babak empat besar setelah menekuk China Taipei dengan skor 3-1.