Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putri, Ruzana melakukan persiapan ekstra demi membayar kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk tampil di Piala Uber 2024.

Ini adalah pertama kalinya Ruzana tampil di ajang beregu putri paling bergengsi tersebut. Turnamen ini berlangsung mulai 27 April sampai 5 Mei 2024 di Chengdu, China.

Ruzana mengatakan bahwa menjalani debut di Piala Uber adalah kesempatan emas baginya. Jadi, ia tidak mau menyia-nyiakannya peluang yang sekarang ada di hadapannya.

"Secara persiapan, kemarin saya ada latihan ekstra, ada tambahan-tambahan," kata atlet kelahiran Lubuklinggau, 22 Januari 2005, itu dalam keterangan yang diterima.

Ruzana masuk ke dalam skuad Indonesia untuk Piala Uber 2024 berkat penampilan apik sebelumnya. Salah satunya ialah gelar juara Sri Lanka International Series 2024 pada Februari 2024.

Masuk dalam daftar pemain di Piala Uber 2024 sama sekali tidak disangka oleh Ruzana karena ternyata lebih cepat dari target. Dia awalnya punya target membela Indonesia di Piala Uber pada edisi berikutnya atau tahun 2026.

Ruzana menuturkan bahwa ia masih menghabiskan waktu liburan Lebaran ketika ditelepon Kepala Pelatih Rionny Mainaky, yang ingin memastikan kondisinya apakah siap tampil atau tidak.

"Saya menjawab kondisi saya baik dan siap untuk menjalankan tugas. Pastinya senang bisa mewakili Indonesia di ajang sebesar dan bergengsi Piala Uber," katanya.

Ruzana dan kawan-kawan akan memulai perjuangan di Piala Uber 2024 dari Grup C. Mereka akan bertrung melawan Hong Kong, Jepang, dan Uganda.

Indonesia sudah puasa gelar Piala Uber selama 28 tahun. Terakhir kali juara Piala Uber terjadi pada edisi 1996.

Meski demikian, target tim Indonesia di Piala Uber 2024 hanya mencapai babak semifinal.