Kawasaki Serius akan Rilis Motor Berbahan Bakar Hidrogen
Konsep Kawasaki HySE. (Dok. CycleWorld)

Bagikan:

JAKARTA- Kawasaki, produsen motor ternama asal Jepang, dikabarkan baru saja mengajukan merek dagang baru untuk motor berbahan bakar hidrogen dengan nama "HySE" beserta logonya. Kabar ini pertama kali muncul di bennetts.co.uk pada awal Maret ini.

Proyek motor hidrogen Kawasaki ini seperti dilansir dari cycleworld, 16 Maret, telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir yang konsepnya diperlihatkan pada akhir 2021. Pada saat itu, Kawasaki menyebut motornya dengan mesin prototipe pertama, empat silinder supercharged yang berasal dari motor H2. Dan motor listrik dan berbahan bakar hidrogen yang tengah dikembangkan akan memiliki performa yang tidak kalah dengan motor-motor bertenaga bahan bakar fosil yang telah ada sebelumnya. 

Sistem bahan bakar hidrogen pada mesin Kawasaki tampaknya serupa, atau bahkan identik, dengan yang dibuat Toyota untuk infrastruktur mobil berbahan bakar hidrogennya. Dalam artian Kawasaki, akan merancang tangki hidrogen yang dapat ditukar untuk menyalakan atau menggerakkan kendaraan. 

t
Tabung hidrogen Kawasaki HySE. (Dok. Bennetts)

Untuk diketahui sebagai sesama perusahaan Jepang, baik Kawasaki dan Yamaha juga dilaporkan bekerja sama dengan Toyota, Subaru, dan Mazda dalam pengembangan teknologi mesin pembakaran berbahan bakar hidrogen.

Untuk saat ini, belum ada informasi terbaru dari Kawasaki mengenai ini namun dengan adanya pengajuan merek baru, diperkirakan motor Kawasaki berbahan bakar hidrogen akan meluncur pada tahun 2026.