Kawasaki Perkenalkan Motor Hidrogen Ninja H2 HySE, Begini Bentuknya
Kawasaki H2 HySE (foto: dok. Youtube Kawasaki)

Bagikan:

JAKARTA - Proyek sepeda motor hidrogen dari Kawasaki sudah bukan rahasia lagi, sebab pada 2022 lalu pabrikan telah membuka selubungnya meski hanya sebuah render gambar, yang memang ditujukan sebagai alternatif dari sepeda motor bensin.

Langkah tersebut merupakan bagian dari inisiatif “Go With Green Power” Kawasaki, yang diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai status netral karbon pada tahun 2030.

Dikutip dari laman Rideapart, Sabtu, 16 Desember, Kini motor tersebut (hidrogen) tak hanya ada dalam sebuah gambar lagi, tapi tampak jelas model aslinya yang diperkenalkan pada konferensi Group Vision 2023.

Motor tersebut bernama Ninja H2 HySE (Hydrogen Small Mobility and Engine) dan terlihat masih berupa prototipe.

Menurut CEO Kawasaki Motors Company Limited, Hiroshi Ito, motor hidrogen tersebut berbasis Kawasaki Ninja H2 SX. Namun kali ini warnanya berbeda dengan render gambar pada tahun lalu yang berbalut team green, kini bernuansa biru.

Terlihat pada bagian sisi belakang terdapat tangki untuk menyimpan bahan bakar hydrogen, dan bagian fairing depan lebih besar terlihat sudah siap untuk diuji coba.

Namun demikian ini masih dalam tahap awal dan spesifikasi motornya belum diungkapkan, baik dari sisi outputnya, konsumsi bahan bakar hingga jangkauan yang dihadirkan. Tentunya patut ditunggu.

Sebagai informasi, Kawasaki Ninja H2 HySE merupakan sepeda motor pertama berkat kolaborasi beberapa pabrikan ternama asal Jepang, seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.