Bagikan:

JAKARTA - Yamaha melalui anak perusahaannya Yamaha Golf-Company (YGC) resmi mengumumkan konsep Drive H2, mobil golf di AS yang dibekali dengan teknologi hidrogen.

Dilansir dari laman resmi perusahaan, Senin, 29 Januari, konsep tersebut didasarkan dari model Drive2 Concierge4, mobil golf berkapasitas empat tempat duduk yang dipasarkan di seluruh dunia. Disebutkan bahwa mesin hidrogen ini dapat memanfaatkan teknologi yang ada sekaligus tidak perlu mengeluarkan CO2 dalam proses pembakarannya.

Drive H2 dilengkapi dengan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi, masing-masing 25 liter, yang ditempatkan di bawah jok pengemudi dan di belakang jok belakang. Mobil tersebut telah dipamerkan dalam PGA Show di Orlando, AS, salah satu acara terbesar dalam olahraga golf.

Yamaha sedang melakukan penelitian dan pengembangan terhadap teknologi ini karena memiliki potensi untuk mencapai keberlanjutan penggunaan mesin pembakaran internal dan dekarbonisasi.

Selain Drive H2, pabrikan berlogo garputala telah mengumumkan beberapa model konsep yang dilengkapi dengan teknologi tersebut, termasuk generator dan ROV. Ini merupakan salah satu gerakan pabrikan dalam mencapai dekarbonisasi.

Pada Oktober tahun 2023 lalu, Toyota bersama Yamaha dan perusahaan industri sejawat lainnya, seperti Kawasaki, Suzuki, dan Honda, bersama-sama mengembangkan mobil buggy bertenaga hidrogen bernama HySE-X1.

Mesin yang digunakan ialah 4-silinder berpendingin cairan supercharged DOHC 16 katup 998 cc. Memiliki ukuran kecil seperti halnya mobil buggy, kendaraan ini memiliki panjang 3.530 mm, lebar 2.070 mm, dan panjang 1.700 mm, dengan berat mencapai 1.500 kg.