Bagikan:

JAKARTA - Kawasaki meluncurkan dua sepeda motor listrik, Ninja e-1 dan Z e-1, yang akan dihadirkan di pasar Inggris dalam beberapa waktu dekat. Kedua motor ini juga menandai awalnya era elektrifikasi pabrikan asal Jepang tersebut.

Baik Ninja e-1 maupun Z e-1, memiliki tampilan membawa ciri khas motor Kawasaki, memiliki desain yang cenderung agresif dan futuristik, garis-garis tajam, fairing aerodinamis, dan tampilan yang mencerminkan kecepatan. Untuk melengkapi kesan gagah dan sporty, merek tersebut menghadirkan warna Metallic Bright Silver dan Metallic Matte Lime pada kedua model ini.

Dilansir dari Rideapart, Jumat, 15 September, model Ninja e-1 dan Z e-1 menawarkan pengoperasian tanpa kopling, seperti motor listrik pada umumnya. Kedua model ini memiliki mode berkendara, seperti Road dan Eco.

Ninja e-1 maupun Z e-1 memiliki tenaga yang berasal dari penggerak listrik brushless yang dapat menghasilkan 6,7 dk hingga 12 dk sesuai dengan permintaan konsumen. Karena daya yang dihasilkan dari sistem tersebut, dapat membuat kedua motor ini melaju hingga kecepatan maksimal 99 km/jam dengan fitur e-boost.

4
Kawasaki Z e-1. (Dok. Kawasaki Global)

Demi memudahkan pengisian daya, Kawasaki menggunakan baterai kembar yang dapat dihubungkan secara paralel dan memungkinkan untuk dilepas. Namun sayangnya, pabrikan belum memberitahu terkait jarak tempuh pada kedua model ini.

Pabrikan yang bermarkas di Kobe Crystal Tower, Jepang, tersebut juga memberi fitur lainnya seperti dasbor TFT full color, konektivitas gawai, ABS, dan rem seperti yang ada pada model bermesin bensin 400cc lainnya.

Fitur lainnya yang dihadirkan pada kedua model ini, yaitu mode berjalan, sehingga memudahkan pengendara baru maupun berpostur kecil dalam menjalankan kedua motor tersebut baik dalam keadaan maju dan mundur dengan kecepatan rendah.

Aksesori juga akan disediakan oleh merek motor ini termasuk opsi khusus jok Ergo-Fit agar motor ini memiliki dudukan yang nyaman bagi banyak pengendara.

Sama seperti pabrikan otomotif lainnya, Kawasaki telah mencanangkan untuk beralih memproduksi kendaraan ramah lingkungan dengan merilis dua motor BEV pada tahun ini, yaitu Ninja e-1 dan Z e-1, lalu motor HEV pada 2024, kendaraan berbahan bakar hidrogen pada awal 2030, dan mobilitas bebas emisi lainnya termasuk mengembangkan mesin ICE netral karbon.