Bagikan:

JAKARTA - Kawasaki Motor Indonesia meluncurkan dua motor listrik untuk pasar tanah air dengan nama Ninja e-1 dan Z e-1. Keduanya sudah bisa dipesan di diler Kawasaki. 

Memiliki desain sporty layaknya motor sport, Ninja e-1 maupun Z e-1 dilengkapi dengan dua baterai lithium-ion yang masing-masing mempunyai berat 11,5 kg. Harga satu baterainya tergolong mahal, bahkan setara satu unit Benelli Zafferano 250.

"Yes, untuk satu baterai kawasaki Rp45 juta," kata Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion Kawasaki Motor Indonesia, saat dihubungi VOI, Kamis, 23 November. 

Artinya dua baterai yang disematkan pada motor listrik tersebut mencapai Rp90 juta. Bukan angka yang kecil, mengingat harga motor tersebut berada dikisaran Rp140 jutaan. 

Ketika ditanya mengenai apakah bisa pembelian unit baterai saja sebagai cadangan jika daya habis, ternyata bisa. Jadi, bisa disimpan (cadangan) untuk digunakan agar lebih praktis. 

"Betul (bisa dibeli untuk cadangan)," lanjutannya. 

Seperti diketahui, baterai motor listrik Kawasaki ini bisa dicas sampai penuh dalam waktu rata-rata 3,7 - 4 jam dan 1,6 jam untuk pengisian daya 20 sampai 85 persen. Dengan kemampuan baterai mampu menempuh jarak 72 km. 

Kawasaki memberikan kemudahan pengecasan untuk motor listriknya, di mana hadir dalam tiga opsi pilihan dalam pengisian daya, yakni charging dengan charging dock (batteries removed), charging tanpa charging dock (batteries removed), serta charging langsung di bagian off board charge (bagian belakang motor).