Kawasaki Rilis Motor Listrik Ninja e-1 dan Z e-1 2024 di Amerika Serikat
Z e-1 2024. (Dok. Kawasaki USA)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah Inggris, kini motor listrik pertama Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 2024 telah resmi diperkenalkan untuk pasar Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Rideapart, Rabu, 4 Oktober, Kawasaki juga membeberkan detail spesifikasinya. Lantas seperti apa? Garis besar desain yang ditawarkan sangat menonjol dan punya tampang sporty seperti model lainnya, membuat para pengguna masih merasakan sensasi yang sama.

Sementara itu untuk detail lainya, suspensi yang dihadirkan sudah teleskopik dengan travel depan 4,7 inci, sementara itu untuk bagian belakang dapat disesuaikan dengan travel 5,2 inci.

4
Ninja e-1 2024

Untuk pengaturan remnya, motor listrik tersebut dilengkapi dengan kaliper tunggal untuk bagian depan dan belakang, dengan ukuran pelek 17 inci.

Bicara tenaga yang dihasilkan mencapai 6,7 dk hingga puncaknya mencapai 12 dk, dengan motornya listrik yang disematkan sinkron magnet permanen atau brushless. Sama seperti motor listrik pada umumnya, Ninja e-1 dan Z e-1 tak memiliki kopling untuk pengoperasian, hanya saja menawarkan energi regeneratif dan perlambatan.

Menariknya motor listrik tersebut hadir dengan tiga cara pengisian yang berbeda, memberikan kemudahan untuk para calon konsumen. Pertama dengan menggunakan stop kontak standar rumah, stasiun pengisian daya, hingga mentransfer energi listrik dengan waktu pengisian dari kosong sampai penuh hanya 3,7 jam.

4
Z e-1 2024

Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 2024 hadir dengan dua mode tenaga dan fungsi e-Boost. Pilih mode Eco untuk memperluas jangkauan sepeda melalui respons tenaga yang lebih lembut dan kecepatan tertinggi yang diatur secara elektronik.

Soal jarak tempuh, klaim pabrikan kedua motor listrik ini mampu menebus 41 mil atau 62 km dengan sekali pengisian daya, tanpa menggunakan e-Boost. Sama seperti motor listrik pada umumnya, banyak faktor yang mempengaruhi jarak tempuh seperti menanjak, menurun dan masih banyak lagi.

Sementara soal harga, di Amerika Serikat, Ninja e-1 dihargai dengan harga awal 7.599 dolar AS atau sekitar Rp119 juta, sedangkan  Z e-1 dihargai dengan harga awal sekitar 7.299 dolar AS atau sekira Rp114 juta.