Garin Nugroho Tandai 40 Tahun Berkarya dengan Film <i>Sepeda Presiden</i>
Sutradara dan pemain Sepeda Presiden (Tarida/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara Garin Nugroho memasuki tahun ke-40 dalam berkarier di industri film. Diproduksi Radepa Studio, Garin kembali dengan sebuah film keluarga bertajuk Sepeda Presiden.

Judul filmnya merupakan fenomena dimana sepeda dipakai sebagai hadiah dalam kunjungan Presiden. Gimmick ini dipadukan dengan kisah para anak Papua yang ingin merasakan hal yang sama - mendapat sepeda dari Presiden.

Ditemui pada acara Syukuran Film Sepeda Presiden, Garin Nugroho menjelaskan ingin menampilkan cerita sederhana yang mengekspos keindahan Papua.

“Semoga ini akan menjadi karya akhir tahun, Natal dan Tahun Baru di tengah langkanya film anak-anak khususnya dari Indonesia Timur,” kata Garin pada hari ini, 28 September.

Garin pun menggandeng Ariel Tatum dan Sita Nursanti yang juga menandai kembalinya dalam layar lebar lewat Sepeda Presiden. Selain itu, dia juga memilih sejumlah pemain baru seperti Ian William dan Joanita Idol.

"Ini jadi kesempatan yang berharga buat saya," kata Ian William yang juga asli Papua dan memulai debut akting lewat film ini.

Tiga pemeran utama Sepeda Presiden juga berasal dari Sorong dan Waisai yaitu Arnol Aner Asmuruf, Elias Fortunatus Padwa, dan Franken Philipus. Pemilihan ketiganya dilakukan tidak melalui audisi namun mendatangi beberapa sekolah di Papua.

Garin berharap film Sepeda Presiden dapat menjadi bangkitnya perfilman di Indonesia. “(Sepeda Presiden) mendorong untuk membangkitkan kembali pengalaman visual yang menjadi bagian dari hidup kami sehari-hari,” katanya.

Sepeda Presiden mengisahkan tiga sekawan dari Papua yang ingin bertemu dengan Presiden. Di sisi lain, seorang influencer bernama Binar (Ariel Tatum) merasa jenuh dengan kehidupan kota dan memilih berlibur ke Papua.

Sederet kejadian yang menimpa mereka membuat tiga sekawan dan Binar mulai memaknai arti kehidupan mereka. Kabarnya produksi film Sepeda Presiden akan dimulai pada Oktober mendatang dan dijadwalkan rilis di akhir tahun ini.