Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara medis, olahraga disarankan dilakukan secara rutin untuk tubuh yang sehat. Dalam kehidupan seksual pun, olahraga secara rutin juga berperan besar. Dengan cara yang kompleks, aspek mental dalam seks tetap dipengaruhi tindakan fisik. Lantas kenapa olahraga rutin bisa meningkatkan kehidupan seksual?

“Anda memiliki lebih banyak otot, mengaktifkan lebih banyak otot, dan mempelajari cara mengontraksikan otot Anda,” kata Ariel Iasevoli, pelatih utama di Crunch Gym dilansir Well+Good, Kamis, 20 Juni. Dengan rutin olahraga, selain menstabilkan dan bergerak lebih baik, ini manfaatnya untuk kehidupan seksual.

olahraga rutin meningkatkan kehidupan seksual
Ilustrasi olahraga rutin meningkatkan kehidupan seksual (Freepik/prostooleh)

1. Kekuatan lebih terjaga

Kelas angkat beban dan HIIT tidak hanya bagus untuk membentuk otot perut. Tetapi jenis olahraga kekuatan ini, melatih kekuatan tubuh. Jangan lupa pula melatih otot-otot dasar panggul, misalnya dengan latihan kegel. Faktanya adalah otot dasar panggul yang lebih kuat secara umum baik untuk kualitas orgasme yang lebih baik, kata Logan Levkoff, PhD, pakar seks dan pendidik yang sangat dipercaya.

2. Memiliki citra diri yang lebih baik

Kata Levkoff, orang yang berolahraga teratur cenderung memiliki citra tubuh yang lebih baik dan lebih percaya diri dibanding mereka yang tidak. Dengan begitu, seseorang akan merasa nyaman dengan diri sendiri dan tentu saja berhubungan langsung dengan kepuasan kehidupan seksual.

3. Meningkatkan gairah seksual

Penelitian kecil menunjukkan bahwa setelah olahraga, wanita menjadi lebih terangsang. Penelitian ini mengukur secara ilmiah, termasuk diantaranya amplitude denyut vagina dan volume darah vagina. Lanjutan penelitian menunjukkan, sebagian besar olahraga mengaktifkan saraf simpatik. Dengan begitu, menurut Levkoff, peningkatan aliran darah tertentu berpotensi meningkatkan gairah.

4. Peningkatan hormonal

Ilmu pengetahuan tentang bagaimana olahraga memengaruhi kadar testosteron pada wanita dan pria masih rumit. Latihan ketahanan yang serius, seperti triathlon, sebenarnya dapat memengaruhi hasil tes kadar testosteron dalam tubuh.

Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan ketahanan, khususnya, dapat meningkatkan kadar testosteron wanita, yang mana ini bagus untuk libido. Jelas Levkoff, peningkatan testosteron pasti meningkatkan hasrat. Artinya jika kita memproduksi lebih banyak testosteron cenderung memiliki hasrat tinggi.

5. Menyehatkan mental

Penelitian menunjukkan, olahraga mempunyai kemampuan yang sangat kuat untuk mengekang depresi dan kecemasan. Jadi masuk akal jika berolahraga dapat membantu mengatasi depresi. Dalam hubungannya dengan kehidupan seksual, ternyata juga berdampak positif. Dengan rutin olahraga, aliran darah meningkat dan pada wanita, membantu sebagai antidepresan.

Itulah kelima manfaat rutin olahraga pada kehidupan seksual. Jika Anda belum secara rutin berolahraga, baiknya mulai alokasikan jadwal untuk rutin berolahraga.