Kalau Sudah Rutin Olahraga, Ini 7 Manfaat yang Didapat
Ilustrasi manfaat yang didapat kalau rutin olahraga (Freepik/javi_indy)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tidak pernah olahraga buruk efeknya bagi kesehatan tubuh. Meskipun rutin olahraga tidak selalu menjamin tubuh sehat, tetapi upaya untuk mendapatkan sejumlah manfaat positif tampaknya tak sia-sia. Untuk memotivasi Anda untuk olahraga rutin, berikut manfaatnya yang didapat.

1. Berat badan terkontrol

Olahraga dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih. Ini juga bisa membantu mempertahankan berat badan. Bahkan dalam level tertentu, olahraga juga bermanfaat menurunkan berat badan kalau dilakukan secara rutin. Semakin intens aktivitas olahraga, semakin banyak kalori yang terbakar.

2. Memerangi sejumlah penyakit dan kondisi kesehatan

Berapapun berat badan Anda saat ini, rutin olahraga menurunkan trigliserida yang tidak sehat, meningkatkan produksi kolesterol “baik” atau HDL, dan membuat darah mengalir dengan lancar. Faktor-faktor tersebut menyokong kesehatan jantung dan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

manfaat yang didapat kalau rutin olahraga
Ilustrasi manfaat yang didapat kalau rutin olahraga (Freepik)

3. Suasana hati meningkat

Bagi orang yang rutin olahraga, stres atau tekanan kerja misalnya, bisa teratasi. Meskipun tak bisa menghindari stres, tetapi dengan olahraga akan merasa lebih bahagia, rileks, dan mengurangi rasa cemas.

4. Energi meningkat

Dengan aktivitas fisik atau berolahraga, kekuatan otot dan daya tahan tubuh meningkat. Olahraga mengirimkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh serta membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Itu artinya Anda memiliki lebih banyak energi karena jantung sehat dan paru-paru bekerja dengan baik.

5. Tidur berkualitas

Sulit tidur bisa diatasi secara alami ketika Anda rutin olahraga. Hanya saja jangan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Berikan waktu jeda supaya energi menurun setelah olahraga, kemudian tidur dengan nyenyak.

6. Mengembalikan gairah seks

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat Anda lebih percaya diri secara fisik. Itu berarti olahraga rutin bermanfaat meningkatkan kehidupan seks. Lebih dari itu, olahraga teratur kaitannya dengan hasrat seksual banyak didapatkan wanita. Pada pria, olahraga teratur bermanfaat memperkecil potensi disfungsi ereksi.

Menambah jejaring sosial dan menyenangkan

Olahraga dan aktivitas fisik terasa menyenangkan. Sebab akan memberi kesempatan bersantai dan membantu terhubung dengan teman baru, serta membangun suasana sosial yang menyenangkan.

Itulah ketujuh manfaat olahraga secara rutin. Apakah Anda sudah melakukannya? Tentu akan mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan apabila diikuti dengan pola makan sehat serta pola hidup sehat.