6 Olahraga Rutin untuk Remaja, Demi Menjaga Kesehatan Tubuh di Samping Kesibukan Sekolah
olahraga rutin untuk remaja (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Anak remaja wajib melakukan olahraga secara rutin di samping kesibukannya dengan kegiatan sekolah. Bagi orang-orang berusia remaja, olahraga memberikan banyak manfaat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Lantas apa olahraga rutin untuk remaja yang bisa Anda pilih atau bagi Anda yang punya anak berusia ini?

Remaja-remaja di era digital saat ini kebanyakan lebih suka menghabiskan waktu dengan menatap layar gadget dibandingkan berolahraga. Jika kebiasaan ini dibiarkan terus-menerus, maka remaja akan mudah mengalami masalah kesehatan hingga rentan gangguan mental. 

Selain meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga juga mampu mengatasi stres yang kerap dialami oleh remaja saat ini. Bagi Anda yang bingung ingin menjalani olahraga apa, ada beberapa pilihan olahraga rutin untuk remaja. 

Rekomendasi Olahraga Rutin untuk Remaja

Para remaja bisa menjalani olahraga rutin pada pagi hari sebelum beraktivitas ataupun sepulang dari sekolah. Tak perlu memikirkan olahraga yang berat-berat atau membutuhkan modal dan perlengkapan banyak. Anda bisa melakukan olahraga ringan, yang penting disiplin dan konsisten agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Berikut ini rekomendasi beberapa olahraga rutin untuk remaja yang bisa Anda lakukan:

Jogging

Jogging merupakan pilihan olahraga yang cocok bagi para remaja. Olahraga kardio ini sangat direkomendasi bagi remaja yang ingin menjaga kebugaran. Selain itu, olahraga ini juga efektif membakar kalori sehingga mendukung remaja yang berniat membentuk berat badan ideal. 

Anak-anak remaja bisa melakukan jogging di pagi hari maupun sore hari setelah pulang dari sekolah. Selain meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga ini juga membantu menjaga kesehatan jantung dan kondisi mental. 

Renang

Olahraga lainnya yang bisa dipilih oleh remaja adalah renang. Renang juga menjadi salah satu olahraga kardio yang bermanfaat meningkatkan kebugaran dan membakar lemak. Olahraga ini melibatkan seluruh anggota tubuh sehingga dapat membuat otot lebih kencang, serta. Dengan berenang secara rutin, Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Voli 

Para remaja juga bisa menjalani olahraga tim atau bersama teman-temannya dengan bermain voli. Olahraga ini berperan meningkatkan kekuatan otot dan tulang, khususnya di bagian tangan dan kaki. Voli juga meningkatkan koordinasi tubuh serta optimalisasi metabolisme. 

Olahraga ini juga bisa meningkatkan suasana hati karena dimainkan secara seru bersama rekan-rekan satu tim. Bermain voli dapat melepaskan hormon endorfin yang membantu mengatasi rasa sakit atau stres, sehingga cocok dijalani oleh para remaja. 

Bersepeda

Olahraga bersepeda kembali menjadi tren sejak terjadinya pandemi COVID-19. Olahraga kardio ini juga baik untuk dilakukan oleh para remaja. Anak-anak remaja bisa mengagendakan kegiatan bersepeda rutin setiap sore atau weekend. 

Bersepeda dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh, menjaga kondisi jantung, hingga membakar lemak. Aktivitas ini juga berperan menguatkan otot pada beberapa area tubuh seperti betis dan paha. Apalagi jika Anda bersepeda di tempat yang asri atau minim polusi, maka akan merasakan kesegaran dan ketenangan pikiran. 

Bulutangkis

Bulu tangkis juga menjadi olahraga seru lainnya yang bisa dijalani oleh para remaja secara rutin. Olahraga ini melibatkan banyak pergerakan sehingga membantu membakar kalori. Selain itu, badminton juga berperan mengencangkan tulang dan otot di bagian lengan dan kaki. 

Selain itu, bermain bulu tangkis juga membawa manfaat lain, seperti peningkatan mood, peningkatan kesehatan jantung dan paru-paru, serta melatih keterampilan ketangkasan dan fleksibilitas tubuh bagi remaja.

Senam

Bagi remaja yang tidak ingin melakukan olahraga berat, senam bisa menjadi pilihannya. Olahraga senam bermanfaat dalam meningkatkan fleksibilitas otot, membangun kekuatan, meningkatkan koordinasi tubuh. 

Senam umumnya memerlukan gerakan berbagai anggota tubuh sehingga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, senam juga membantu dalam meningkatkan fokus dan disiplin yang penting untuk jadi kebiasaan para remaja. 

Demikianlah beberapa olahraga rutin untuk remaja yang bisa dijalani setiap hari. Olahraga secara disiplin berperan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan otot dan tulang bagi anak remaja. Selain itu, aktivitas fisik juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental dan mengatasi stres.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.