Memilih Olahraga yang Cocok Saat Bulking, Lengkap dengan Pengertian, Manfaat, Tips Melakukannya
Ilustrasi olahraga untuk bulking (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memilih olahraga yang cocok saat bulking jadi kunci sukses menambah massa otot di tubuh Anda. Agar tidak salah pilih, alangkah lebih baik memperbanyak pengetahuan tentang bulking dan olahraga yang cocok untuk dilakukan.

Memilih Olahraga yang Cocok Saat Bulking

Perlu dikatahui bulking adalah cara yang digunakan untuk menambah massa otot atau bobot tubuh dengan cara olahraga serta memperhatikan pola makan. Saat melakukan bulking, Anda harus memperhatikan jumlah kalori yang dibutuhkan di luar kebutuhan alamiah tubuh.

Tak kalah penting, bulking juga dilakukan dengan melakukan olahraga khuhsus yang intens. Manfaat olahraga saat bulking adalah untuk mempercepat proses pembetukan tubuh dan peningkatan massa otot. Ada beberapa olahraga yang cocok dilakukan ketika menjalani bulking yakni sebagai berikut.

  1. Angkat Beban

Olahraga yang disarankan untuk dilakukan saat bulking adalah angkat beban. Anda bisa menggunakan dumbbell dari yang paling ringan. Setelah dirasa cukup beralihlah dengan barbell secara bertahap. Angkat beban membantu membentuk tubuh bagian atas serta memperbesar massa otot.

  1. Pushup

Pushup cukup efektif memperbesar massa otot di pundak, lengan, dan otot dada. Gerakan ini juga sangat mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda cukup mengambil posisi tengkurap, lalu kedua tangan ditumpukan ke lantai, setelah itu turunkan tubuh serendah mungkin. Lakukan gerakan ini dengan rutin agar manfaatnya didapat secara maksimal.

  1. Pullup

Gerakan pullup dilakukan dengan cara bergelantungan di tiang yang tingginya melebihi tubuh Anda. Setelah itu tarik tubuh ke atas hingga dagu sejajar dengan tiang lalu tahan posisi tersebut selama 5 detik. Setelah itu turunkan tubuh secara perlahan. Ulangi gerakan tersebut 10 hingga 15 kali sebagai permulaan.

  1. Squats

Olahraga squats perlu dilakukan saat menjalani bulking. Gerakan squats akan membantu memperbesar otot tubuh bagian bawah khususnya otot kaki dan otot paha. Anda bisa melakuakn squats di rumah saat waktu senggang.

  1. Situp

Olahraga ini dilakukan untuk membentuk otot perut sehingga lemak di area tersebut bisa berkurang. Situp juga sangat cocok dilakukan saat bulking asal dilakukan secara rutin.

Tips Olahraga Saat Bulking

Olahraga saat bulking memang perlu dilakukan, namun harus sesuai aturan yang tepat agar mendapat hasil yang maksimal. Berikut ini beberapa tips olahraga saat bulking.

  1. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Agar tujuan bulking bisa tercapai secara maksimal, lakukan olahraga secara rutin. Durasi bulking sendiri biasanya dilakukan hingga 6 bulan, namun tergantung target yang ingin dicapai. Olahraga yang dilakukan pun harus rutin setiap hari meski dengan durasi olahraga yang pendek sekitar 2 hingga 3 jam per hari.

  1. Jangan Memaksakan Diri

Olahraga yang dilakukan saat bulking harus dilakukan secara bertahap. Tidak dianjurkan berolahraga dengan memaksakan diri karena berpotensi melukai otot Anda. Jika perlu Anda bisa mendatangkan trainer spesialis bulking.

  1. Selingi dengan Kardio

Pelaku bulking juga dianjurkan untuk menyelingi olahraga kardio. olahraga kardio sendiri membantu meningkatkan stamina sehingga tidak mudah lelah, sedangkan olahraga yang dilakukan saat bulking membantu meningkatkan kekuatan dan massa otot.

  1. Perhatikan Makanan

Selain olahraga pelaku bulking juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang tidak sehat mengandung lemak. Selain itu perhatikan juga asupan cairan tubuh agar tidak dehidrasi.

Itulah informasi terkait memilih olahraga yang cocok saat bulking. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.