Brasil U-17 Tak Terpengaruh Hasil Timnas Senior
Brasil U-17 fokus menghadapi Argentina U-17 di perempat final Piala Dunia U-17 2023 (dok. FIFA).

Bagikan:

JAKARTA - Laga sarat rivalitas akan tersaji pada perempat final Piala Dunia U-27 2023 antara Brasil U-17 vs Argentina U-17 di Jakarta International Stadium pada Jumat, 24 November 2023 pukul 19.00 WIB.

Pertemuan tersebut dikaitkan dengan partai tim nasional level senior antara Brasil kontra Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol pada Rabu, 22 November 2023.

Saat itu, Tim Samba kalah 0-1 melawan tamunya di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.

Brasil U-17 mengaku tak terpengaruh dengan hasil para seniornya dan tensi panas yang meliputi laga tersebut. Mereka hanya fokus menatap laga perempat final yang sudah di depan mata.

Soalnya, mereka dihadapkan pada jadwal padat antara sesi pemulihan dan pertandingan selanjutnya. Tak heran, fokus ke diri sendiri menjadi hal penting. 

“Terutama saat ini Ialah bagaimana meningkatkan konsentrasi pemain dalam segala hal. Karena pertandingan ini bukan 90 menit, lebih dari itu. Setiap menit, pemain harus fokus agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dan mendapatkan hasil positif,” kata pelatih Brasil U-17, Phelipe Leal.

“Fokus kami di sini, di Piala Dunia U-17. Tidak ada yang bisa menggesernya. Kami sama sekali tidak terpengaruh kekalahan timnas senior di Maracana," ujar Leal.

Sebelumnya, Timnas Brasil sempat terlibat tensi panas dengan Argentina saat bersua di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol. Bahkan, kericuhan juga pecah di tribun penonton sebelum laga. 

Terlepas dari situasi panas yang terjadi di level senior, Brasil U-17 menjadi tim kedua tersukses di Piala Dunia U-17 2023.

Mereka berada satu level di bawah Nigeria U-17 yang telah lima kali memenangi gelar juara dunia di turnamen ini.

Melihat catatan itu, Leal ingin kembali meraih kembali gelar juara di Piala Dunia U-17 agar bisa menyamai pencapaian Nigeria U-17. Potensi itu kini masih terbuka.

"Bisa hadir di Piala Dunia U-17 lagi saja sudah menjadi kebanggaan bagi kami. Apalagi kami memiliki peluang lolos ke empat besar.”

“Sekarang momentum kami untuk melaju dan kami akan berusaha untuk memetik kemenangan," kata Leal menegaskan.

Sebelum laga, kedua tim sudah sering bertemu, apalagi dalam dua tahun belakangan ini. Mereka tahu di mana titik kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Kendati demikian, Brasil U-17 menegaskan tidak takut dan ingin mengulangi hasil positif.

“Kami sudah sering bertemu dalam dua tahun belakangan ini. Mereka (Argentina U-17) adalah tim yang memiliki pemain dengan kualitas teknik yang bagus."

"Kami harus waspada dalam 90 menit permainan normal untuk bisa memanfaatkan kelemahan mereka dan bisa menang,” kata Leal menambahkan.