Bagikan:

JAKARTA – Jeka Saragih, yang baru saja meraih kemenangan bersejarah di UFC, mengaku saat ini punya 100 anak didik di kampung halamannya.

Jeka Saragih adalah petarung pertama Indonesia yang dikontrak UFC. Dia pun sudah meraih kemenangan dalam debutnya melawan petarung asal Brasil Lucas Alexander pada Minggu, 19 November 2023 di UFC 232.

Jeka mengatakan semoga saja kemenangannya tersebut dapat menginspirasi generasi muda sehingga mereka bisa serius berlatih demi meraih prestasi.

“Saya juga sudah membangun sasana di kampung saya, sedikitnya sudah lebih dari 100 anak didik,” ujar Jeka Saragih dalam keterangan di situs Kemenpora.

Pemilik nama lengkap Jeka Asparido Saragih menilai kegiatan berlatih (mixed martial arts) seperti itu dapat menjauhkan generasi muda dari hal-hal negatif, seperti kriminalitas dan pergaulan negatif.

Dia mengatakan sasana yang ia bangun sebenarnya bertahan dengan dana sangat minim. Meski demikian, hal itu bisa memberikan banyak hal positif bagi generasi muda.

“Kami manfaatkan sebaik-baiknya agar anak muda di sana jauh dari narkoba, pergaulan bebas, atau apa pun yang merugikan,” katanya.

Dalam audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, petarung kelahiran 3 Juli 1995 itu, juga berharap dapat difasilitasi bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Jeka mengatakan bahwa ia ingin menyampaikan niatnya agar sarana dan prasarana olahraga kampung di Simalungun, Sumatera Utara, dibangun lebih baik lagi oleh Pemerintah.

"Saya berharap bisa berjumpa dengan Bapak Presiden (Joko Widodo) supaya saya bisa berkomunikasi langsung tentang keadaan di kampung halaman saya," kata dia.

“Terutama itu infrastruktur jalan di kampung saya yang masih sangat rusak dan sinyal jaringan tidak ada. Saya mengharapkan bisa didengar dan dibantu,” tambahnya.