Bagikan:

YOGYAKARTA – Menurut sejumlah fakta dan penelitian, olahraga rutin dan gairah seks berkaitan. Menurut terapis seks bersertifikat Jenni Skiler, Ph.D., LMFT., kedua aktivitas tersebut sama-sama melepaskan kelompok hormon yang sama, diantaranya norepinefrin, dopamin, dan adrenalin.

Sebuah penelitian dalam Sexual Medicine Reviews menunjukkan olahraga bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual, kepuasan, dan kesejahteraan. Melansir Women’s Health, berikut olahraga yang bantu mengatasi gairah seksual rendah.

1. Olahraga melatih endurance

Saat seseorang latihan ketahanan atau endurance, tubuh melepaskan androgen seperti testosteron. Hormon ini bertanggung jawab atas hasrat seksual, kata Nan Wise, Ph.D., psikoterapis berlisensi, ahli saraf kognitif, dan terapis seks bersertifikat berbasis di West Orange, New Jersey. Manfaat sama juga didapatkan untuk latihan kardiovaskular, terutama setelah mencapai intensitas tertentu.

olahraga yang membantu meningkatkan gairah seksual
Ilustrasi olahraga yang membantu meningkatkan gairah seksual (Freepik)

2. Olahraga cardio

Olahraga cardio atau kardiovaskular, meningkatkan kapasitas kardiovaskular Anda. Ini akan membantu Anda bertahan lebih lama di ranjang. Menurut Skyler, semakin tinggi kebugaran kardiovaskular, semakin besar rasa percaya diri dan kapasitas di ranjang.

Peningkatan detak jantung yang Anda alami saat berolahraga cardio mirip dengan perasaan fisiologis yang dialami saat bergairah atau dalam tahap bulan madu hubungan baru, kata Wise. Saat jantung mulai berdetak sangat cepat hingga merasakan kupu-kupu di perut Anda, bentuk gairah fisik ini dapat memicu gairah seks.

3. Latihan dasar panggul

Latihan dasar panggul, khususnya, meningkatkan kepuasan seksual dan mengurangi disfungsi seksual pada wanita dari segala usia, kata Wise. Penurunan gairah seksual, umum dialami saat menopause atau perubahan hormonal. Tetapi ketika olahraga rutin, khususnya melatih otot dasar panggul, akan membantu mengatasi gairah seks menurun.

4. Olahraga dengan intensitas sedang

Olahraga jenis apapun, kalau dengan intensitas tinggi akan membuat seseorang sangat lelah. Kalau intensitas sedang, membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatik dan tidak membuat lelah. Ini juga membantu menghidupkan dorongan skesual, menurunkan tingkat kecemasan, dan menginginkan keintiman fisik bersama pasangan.

5. Olahraga angkat beban

Salah satu jenis olahraga ketahanan, adalah olahraga angkat beban. Ini membantu melepaskan testosterone dan meningkatkan dorongan seks, jelas Wise. Saran Wise, latih daras pinggul dan inti. Keduanya bermanfaat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin sehingga gairah seks meningkat.

6. Olahraga bersama pasangan

Saat olahraga bersama pasangan, sistem saraf akan tersinkronisasi. Tidak hanya mendapatkan manfaat olahraga secara individu, tetapi juga membentuk pola otak, jantung, dan sistem saraf yang sama bersama pasangan. Saat detak jantung Anda dan pasangan tersinkronisasi dapat bermanfaat membantu mengatur sistem saraf serta emosi Anda dan pasangan selaras. Sehingga latihan bersama melibatkan keintiman fisik dan emosional.

Itulah jenis olahraga yang membantu meningkatkan gairah seksual bersama pasangan. Selain berkaitan dengan kesehatan seksual, olahraga rutin juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.