5 Cara Menghangatkan Kembali Kehidupan Seksual Pasangan
Ilustrasi cara menghangatkan kembali kehidupan seksual pasangan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Stres dan kesibukan kerap jadi alasan menurunnya hasrat seksual setiap orang yang berpasangan. Tampaknya, kehidupan sehari-hari juga memengaruhi bagaimana pasangan mengalami titik lemah dalam aspek seksual. Tantangan ini, bisa diatasi dengan sejumlah langkah berdasarkan rekomendasi pakar berikut ini.

1. Atasi stres Anda

Penting untuk menanyakan pada diri sendiri tentang apakah ada masalah hubungan, perubahan pekerjaan, kedekatan emosional dengan pasangan, dan kesehatan. Rekomendasi Nan Wise, Ph.D., psikoterapis dan terapis seks bersertifikat, dengan menjawab pertanyaan terkait dengan sumber stres, bisa membantu mengidentifikasi. Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa mempraktikkan perawatan diri serta menerapkan perubahan gaya hidup untuk mengurangi stres.

2. Berkomunikasi dengan pasangan

Setiap pasangan perlu memelihara dialog yang produktif dan menghidupkan secara teratur. Ini memengaruhi pengalaman seksual pada pasangan, jelas Wise. Selain itu tanyakan juga pada pasangan tentang perasaan mereka dalam aspek seksual. Komunikasi yang terbuka ini, dapat meningkatkan kehidupan seksual karena sama-sama mencari solusi dan mengisi kebutuhan pasangannya.

cara menghangatkan kembali kehidupan seksual pasangan
Ilustrasi cara menghangatkan kembali kehidupan seksual pasangan (Freepik)

Tambah Wise, mungkin Anda perlu lebih memprioritaskan keintiman atau mengatur ulang harapan bagaimana seks dalam hubungan. Setiap orang tak perlu takut membicarakan fantasi, keinginan, dan percikan keintiman secara fisik. Ini merupakan upaya dalam menjelajahi kembali pengalaman seksual yang baru.

3. Menavigasi hasrat atau keinginan seksual

Dalam fase bulan madu, hasrat seksual pasangan mungkin sedang hangat-hangatnya. Sedangkan dalam hubungan jangka panjang, wajar jika seks jadi rutinitas dan tak jarang membosankan. Pesan Wise, jangan tersinggung apabila hasrat seksual pasangan Anda menurun. Karena ini merupakan tanda perlu membuka obrolan secara terbuka dan mengeksplorasi aspek seksualitas secara baru.

4. Meningkatkan kapasitas kesenangan seksual

Kesenangan seksual tak melulu berhubungan seksual. Tetapi meningkatkan kapasitas seksual melibatkan perluasan definisi seks. Misalnya memasukkan makna erotis lebih luas mencakup apa yang membuat Anda dan pasangan merasa lebih ‘hidup’. Pesan Wise, pelajari sesuatu yang baru dan selami minat atau rasa ingin tahu. Pencarian ini membantu membangkitkan dopamine dan nafsu kita untuk hidup.

5. Meningkatkan kedekatan emosional dengan pasangan

Ketika seks menjadi tugas, akan sangat berpotensi menjadi suatu hal yang membosankan. Bahkan bisa membuat kedekatan emosional terabaikan. Maka temukan cara untuk menikmati kebersamaan meskipun tanpa kesenangan seks. Misalnya dengan olahraga bersama atau sekedar jalan-jalan bersama di luar untuk terhubung kembali secara emosional.

Selain lima cara di atas, perlu diingat bahwa setiap hubungan mengalami pasang surut. Itu normal, kata Wise, bahwa periode hasrat seksual menurun. Tetapi dengan mengidentifikasi akar penyebab masalah, berkomunikasi dengan pasangan, mengubah rutinitas, menjelajahi pengalaman baru bersama, dan terhubung kembali secara emosional dapat membantu menghangatkan lagi kehidupan berpasangan termasuk aspek seksual.