Bagikan:

JAKARTA - Sehari setelah digugat agensi lamanya, EXO-CBX yang terdiri dari Chen, Baekhyun, dan Xiumin mengumumkan akan menggugat SM Entertainment juga atas distribusi keuntungan yang tidak adil.

Pekan ini, tiga member EXO yang bergabung dengan agensi milik Baekhyun - INB100 mengumumkan tinfakan tidak adil yang dilakukan SM Entertainment. Agensi lamanya tidak memberi distribusi musik sebesar 5,5 persen tapi meminta 10 persen penghasilan kegiatan individu mereka.

SM kemudian merespons bahwa ketiganya mengakhiri kontrak eksklusif secara prematur dan mereka menandatangani perjanjian membayar 10 persen dari kegiatan individu sebagai akibat dari berakhirnya kontrak. Agensi juga menyatakan tidak ada perjanjian soal biaya distribusi karena mereka tidak bisa menentukan.

SM lalu menggugat EXO-CBX karena gagal memenuhi kontrak dan mengklaim mereka bersikap seperti ini karena MC Mong dan Cha Ga Won.

Hari ini, Jumat, 14 Juni, Chen, Baekhyun, dan Xiumin mengumumkan mereka bersiap untuk menggugat SM Entertainment karena pembagian profit. Pada konferensi pers itu, perwakilan mereka mengaku tahu SM akan menggugat mereka, oleh karena itu mereka menggelar konferensi pers.

“Kami sekali lagi bertanya posisi SM terkait kritik kami. Pada konferensi pers kami juga mengajukan kesepakatan untuk membayar biaya musik, aset, dan nama SM dibandingkan 10 persen dari penghasilan kami, tapi SM menolak proposal ini,” kata INB100.

“Pada akhirnya, SM tidak merespons negosiasi kami, dan mereka menarik pedang untuk mengambil tindakan legal,” katanya.

“Terkait pembagian keuntungan yang kami ragukan, kami akan mengajukan gugatan kepada SM. Kami akan mengambil hak kami dengan menerima hasil data distribusi sesuai ketentuan hukum dan kontrak eksklusif. Kami juga akan menunjukkan bahwa sistem pembagian keuntungan SM adalah salah,” katanya.

Di sisi lain, EXO-CBX minta maaf kepada penggemar yang harus menerima kabar seperti ini. Mereka mengetahui kekhawatiran penggemar seperti tahun lalu.

“Kami sangat minta maaf membuat kalian kecewa karena isu yang sama seperti tahun lalu. Ke depannya, kami akan meminimalisir pernyataan resmi dan mencoba menyelesaikannya,” kata INB100.

“Kami berjanji tetap menjadi Chen, Baekhyun, dan Xiumin yang selamanya bersama kalian. Sekali lagi kami minta maaf kalian merasakan emosi yang tidak penting,” tutup agensi.