Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin? Temukan Jawabannya di Sini
Ilustrasi vitamin (Foto: Pixabay/Mizianitka)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Konsumsi vitamin merupakan salah satu opsi yang dapat diambil untuk meningkatkan atau menjaga daya tahan tubuh. Kendati demikian, vitamin tidak boleh diminum asal-asalan. Ada waktu terbaik minum vitamin agar penyerapannya semakin optimal.

“Tubuh tidak dapat sepenuhya menyerap vitamin, kecuali Anda tahu waktu terbaik untuk mengonsunya,” ujar dokter Rodolfo Ferez-Gallardo, dikutip dari laman Cleveland Clinic, Sabtu, 17 Februari 2024.

Lantas, kapan waktu terbaik minum vitamin? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Waktu Terbaik Minum Vitamin

Dikutip dari AI-Care, waktu terbaik minum vitamin ternyata berbeda-beda, tergantung jenis vitamin yang akan dikonsumsi serta kondisi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah waktu terbaik minum vitamin berdasarkan jenisnya:

1. Waktu terbaik minum vitamin B dan C

Vitamin B dan C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Setelah terabsorbsi di lambung atau usus, vitamin ini akan didistribusikan ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Bila kadar vitamin B dan C di dalam darah jumlahnya berlebih, maka tubuh akan mengeluarkannya melalui urine. Oleh sebab itu, tidak diperkenankan mengonsumsi vitamin dan C secara berlebihan, sebab kelebihannya akan segera dibuang oleh tubuh.

Soal waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin B dan C, kedua jenis vitamin ini dapat diminum pada pagi hari setelah sarapan.

Konsumsi vitamin B dan C pada pagi hari memudahkan penyerapan dalam tubuh, bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi, khususnya vitamin B12. Akan tetapi, beberapa jenis vitamin B juga dapat dikonsumsi sebelum makan.

Bila dalam satu hari Anda mengonsumsi vitamin B dan C, sebaiknya beri jarak sekitar 2 jam agar penyerapannya lebih optimal.

2. Waktu terbaik minum vitamin A, D, E, dan K

Vitamin A, D, E, dan K adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak. Waktu terbaik minum vitamin ini adalah pada malam hari atau setelah makan.

Vitamin A, D, E, dan K memerlukan zat gizi lemak agar lebih mudah larut dan didistribusikan ke seluruh tubuh.

Beberapa makanan yang dapat membantu penyerapan kelompok vitamin ini adalah makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Vitamin A, D, E, dan K tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Bila kadarnya terlalu tinggi, maka tubuh akan menyimpan vitamin tersebut di dalam hati. Saat didibutuhkan, tubuh akan mengambilnya dari cadangan tersebut.

Itulah mengapa Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi vitamin A, D, E, dan K secara berlebih. Untuk mengindari penumpukan vitamin dalam tubuh, Anda harus mengonsumsinya sesuai takaran yang dianjurkan.

3. Waktu terbaik minum vitamin kehamilan

Vitamin untuk kehamilan, seperti kalsium, zat besi, dan asam folat sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari saat perut kosong. Akan tetapi, bila hal ini menyebabkan perut menjadi mual, vitamin kehamilan boleh dikonsumsi sebelum tidur.

Hindari mengonsumsi vitamin ini dengan susu atau produk olahannya, sebab dapat mengganggu penyerapan vitamin di dalam tubuh.

Demikian informasi tentang waktu terbaik minum vitamin. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.