Bagikan:

YOGYAKARTA – Probiotik merupakan mikroorganisme hidup (bakteri baik) yang dapat membantuk memelihara dan melindungi kesehatan saluran pencernaan, khususnya lambung dan usus. Lantas, kapan waktu terbaik minum probiotik? Probiotik terdapat pada apa saja? Apa manfaat probiotik untuk kesehatan? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

Kapan Waktu Terbaik Minum Probiotik?

Disadur dari laman Today, sedianya tidak ada waktu khusus untuk mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung probiotik.

Ahli gizi dan ahli diet terdaftar, Frances Largeman-Roth menyampaikan, waktu terbaik minum probiotik adalah ketika Anda mengingatnya.

Meski begitu, Anda disarankan untuk meminum probiotik secara rutin agar mendapatkan manfaat yang optimal.

“Beberapa merekomendasikan untuk meminumnya selama 5 hari berturut-turut, kemudian mengambil cuti 2 hari,” ujar Largerman.

Akan tetapi, pastikan probiotik yang dikonsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan, khusunya bagi penderita diabetes.

Ditambahkan Largeman, sebagia produsen merekomendasikan untuk mengonsumsi probiotik saat perut kososng. Sebagiannya lagi menyarakankan setelah makan.

Berdasarkan catatan para ahli, hal itu bergantung pada strain yang terdapat dalam minuman probiotik. Oleh sebab itu, pastikan Anda membaca petunjuk dan aturan pakai yang tertera pada label kemasan.

Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag, disarankan untuk mengonsumsi probiotik setelah makan, lantaran tingkat keasaman dalam suplemen yang mengandung probiotik mungkin tidak bisa ditolerir tubuh.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang tidak dianjurkan minum probiotik, sebab bisa menimbukan risiko.

Risiko tersebut kemungkinan besar terjadi mereka yang daya tahan tubuhnya lemah, seperi orang dengan penyakit kronis, penderita kanker yang menjalani kemoterapi, dan bayi probiotik.

Dalam beberapa kasus, tak sedikit orang yang alergi terhadap probiotik. Suplemen probiotik juga tidak boleh diminum bersamaan dengan antibiotik, sebab dapat memegaruhi efektivitasnya.

Probiotik Terdapat pada Apa Saja?

Probiotik bisa diperoleh dari makanan, minuman, atau suplemen makanan yang mengandung bakteri baik.

Jika dalam keseharian Anda tidak secara rutin mengonsumsi makanan fermentasi, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen probiotik.

Beberapa mikroorganisme hidup yang terdapat dalam suplemen makanan juga dapat ditemukan dalam makanan yang difermentasi secara alami, seperti yoghurt, keju, dan kimchi.

Sebagian besar bakteri baik harus tahan terhadap asam dan enzim pencernaan sebelum memasuki usus besar.

Mikroorganisme hidup yang terdapat dalam kapsul, tablet, dan yoghurt memiliki ketahanan yang baik terhadap asam lambung ketimbag bubuk, cairan, atau makanan/minuman lain, terlepas kapan mereka dikonsumsi.

Selain itu, bakteri baik seperti Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Eterococci lebih tahan terhadap asam lambung daripada jenis bakteri baik lainnya.

Apa Manfaat Probiotik?

Dikutip dari AI-Care, berikut ini adalah ragam manfaat probiotik untuk kesehatan:

  • Mendukung sistem imunitas tubuh untuk mencegah peradangan.
  • Membantu tubuh dalam mencerna makanan.
  • Membantu produksi beberapa jenis vitamin.
  • Membantu mendukung sel-sel untuk melapisi usus dan mencegah bakteri jahat masuk ke dalam darah.
  • Membantu mempercepat penyembuhan diare.

Demikian informasi tentang kapan waktu terbaik minum probiotik. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.