Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagai bekal parenting, orang tua harus tahu apa itu probiotik dan berapa usia anak boleh minum minuman probiotik, seperti Yakult. Pasalnya kondisi pencernaan anak-anak dan orang dewasa tentu berbeda. Lalu di usia berapa anak boleh minum probiotik yakult?

Berapa Usia Anak Boleh Minum Prebiotik?

Dikutip dari AI Care, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang menguntungkan karena secara alami mikroorganisme tersebut hidup di usus manusia. Probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang tidak akan membuat seseorang sakit.

Dilansir dari Children’s Health, minuman probiotik adalah minuman yang mampu memberikan manfaat kesehatan khususnya di sistem pencernaan. Minuman ini makin populer karena adanya sebuah penelitian yang mengatakan bahwa bakteri usus dan mikrobioma di tubuh manusia punya peran besar terhadap kesehatan.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri ini berkomunikasi dengan otak dan sistem kekebalan tubuh kita,” kata Rinarani Sanghavi, M.D., Direktur Neurogastroenterologi dan Motilitas GI di Children's Health dan Associate Professor di UT Southwestern.

“Mereka mungkin memainkan peran besar dalam perkembangan otak, kognisi, dan suasana hati,” lanjutnya lagi.

Aktivitas probiotik sendiri belum bisa sepenuhnya dipahami. Namun dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan probiotik punya banyak manfaat untuk tubuh seperti meningkatkan sistem imun hingga punya efek anti-inflamasi. Manfaat probiotik memang sangat dibutuhkan oleh orang dewasa, namun apakah anak-anak bisa mengonsumsi minuman probiotik?

Terkait hal tersebut, belum jelas apakan probiotik benar-benar bermanfaat untuk anak-anak. Namun minuman tersebut dianggap tak membahayakan kesehatan anak-anak. Akan tetapi dr. Sanghavi memberikan saran kepada orang tua agar menunggu anak hingga usia 1 tahun ke atas sebelum memberikan minuman probiotik.

“Saat ini, tidak ada cukup data keamanan probiotik untuk bayi,” kata dr. Sanghavi.

Senada, dokter spesialis anak, dr. Kanya Ayu Paramastri, Sp.A menjelaskan bahwa penggunaan probiotik bisa jadi jalan keluar untuk ikut menjaga keseimbangan probiota usus, dilansir dari Antara. Dengan begitu saluran anak bisa lebih terjaga.

"Kabar baiknya, kesehatan saluran cerna anak dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik alami," jelas dr. Kanya, dikutip Selasa, 7 Mei.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa probiotik memberi manfaat untuk kecerdasan emosional, perkembangan otak, ketahanan alergi, hingga mencegah infeksi saluran kemih.

Jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, maka minuman atau makanan probiotik akan memberi manfaat kesehatan khususnya di area usus dan lambung. Pasalnya bakteri baik di probiotik dapat membuat neurotransmitter bekerja secara efektif dalam proses komunikasi yang terjadi antara usus dan otak.

Tak hanya itu, dr. Kanya juga menjelaskan bahwa saluran cerna anak yang sehat dapat diperkuat dengan probiotik yang diberikan secara berkala.

Selain terkait usia anak boleh minum yakult, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.