Bagikan:

YOGYAKARTA - Bolehkah minum vitamin saat perut kosong? Tentunya hal ini cukup banyak ditanyakan orang-orang yang aktivitasnya begitu padat sehingga untuk makan saja sampai telat-telat. Oke, yuk kita bahas! Simak sampai selesai, ya!

Pasalnya, dengan mengkonsumsi vitamin merupakan salah satu cara kita untuk menambahkan nutrisi ke dalam makanan yang mungkin kurang. Kita bisa meminum langsung setelah bangun atau sebelum tidur, tapi waktu terbaik untuk mengkonsumsi vitamin sebenarnya sih bergantung dengan jenis vitaminnya.

Bolehkah Minum Vitamin Saat Perut Kosong

Konsumsi vitamin di pagi hari bisa jadi strategi yang baik untuk tetap konsisten, tapi minum vitamin dalam kondisi perut yang kosong kemungkinan bakal memiliki efek samping.

Saat sebelum Kalian memutuskan apakah hendak mengkonsumsi vitamin tanpa makanan ataupun tidak, hendaknya tahu dahulu tipe vitaminnya.

"Kalian butuh memastikan apakah mereka larut dalam air ataupun lemak," ujar Crystal Scott, RD, pakar diet terdaftar di Top Coaching Nutrition, Amerika, yang dilansir cantika dari Livestrong, pada 18 April 2023.

Vitamin yang larut dalam air termasuk vitamin C serta vitamin B kompleks, bagi Harvard T. H. Chan School of Public Health. Ini merupakan vitamin yang bakal diserap badan Kalian dengan cepat serta tidak disimpan. Vitamin A, D, E serta K dianggap larut dalam lemak, maksudnya larut dalam lemak serta bisa disimpan di jaringan tubuh.

"Bila Kalian mengkonsumsi vitamin yang larut dalam air, semacam vitamin B serta vitamin C, itu dapat dikonsumsi saat perut kosong. Kemungkinan besar tidak bakal menimbulkan permasalahan GI," kata Scott.

Sedangkan itu, vitamin yang larut dalam lemak, Kalian perlu meminumnya dengan makanan buat reabsorpsi.

Seperti namanya, vitamin yang larut dalam lemak sangat efisien apabila disantap dengan sumber lemak. Ini membolehkan mereka buat ditaruh di dalam tubuh, bila tidak nutrisi bakal melewati sistem pencernaan Anda

Efek Samping Minum Vitamin saat Perut Kosong

I. Bisa Alami Gangguan Pencernaan Lainnya

Pasalnya, terdapat efek samping semacam mual, muntah serta diare. Rutin mengonsumsi vitamin bisa jadi bumerang bila Kalian mengkonsumsi begitu banyak sekaligus ataupun melupakan makanan yang sebenarnya.

Scott merekomendasikan buat memperhatikan dengan baik berapa banyak vitamin yang Kalian konsumsi. Setelah itu, pertimbangkan buat memisahkannya bila mempunyai semuanya sekalian menyebabkan masalah pencernaan.

"Itu [mungkin] nampak semacam mengkonsumsi vitamin B di pagi hari, setelah itu bisa jadi zat besi serta vitamin C di kemudian hari," kata Scott." Umumnya vitamin B merupakan sesuatu yang tentu mau Kalian konsumsi di kala perut kosong, terutama untuk orang-orang yang bisa jadi kekurangan B12, hanya buat penyerapan maksimal."

Sebab vitamin B larut dalam air, Kalian bisa meminumnya dengan atau tanpa makanan kapan saja. Buat seseorang yang mempunyai kekurangan B12, mengkonsumsinya dengan perut kosong bakal memungkinkannya menyerap lebih cepat.

Scoot merekomendasikan buat mengkonsumsi vitamin yang larut dalam lemak (ingat, itu merupakan vitamin A, D, E serta K) dengan sumber lemak semacam alpukat ataupun minyak kelapa.

II. Sakit Perut

Sakit perut merupakan efek samping yang umum terjadi sehabis mengkonsumsi vitamin tanpa makanan apa pun. Di kala vitamin melewati usus, perut bisa jadi iritasi bila tidak ada yang melapisinya, menurut Clinic Cleveland.

Kalian bisa mencegahnya dengan makan paling tidak cemilan saat sebelum mengkonsumsi vitamin, kayak sepotong roti bakar ataupun sepotong kecil buah. Ini berlaku apalagi buat orang yang biasanya melupakan makan pagi.

Seberapa Buruk Minum Vitamin Saat Perut Kosong?

Semuanya kembali lagi pada tipe vitamin serta sekuat apa badan Kalian menanganinya. Vitamin yang larut dalam air sepatutnya baik-baik saja tanpa makanan, sepanjang Kalian tidak mengonsumsinya terlalu banyak.

Namun bila Kalian alami masalah perut, cemilan kecil di pagi hari semacam irisan apel serta selai kacang ataupun roti bakar alpukat bisa menolong menanggulangi permasalahan tersebut. Bila makan di pagi hari tidak terjadi, ganti waktu Kalian serta coba minum vitamin di malam hari.

Permasalahan pencernaan pula dapat jadi tanda-tanda permasalahan yang lebih besar daripada minumi vitamin di kala perut kosong. Bila Kalian alami sakit perut serta mengkonsumsi vitamin dengan makanan tidak membantu menguranginya, pertimbangkan buat berbicara dengan dokter Kalian buat membantu mengidentifikasi permasalahannya. Kalian juga perlu mengetahui lebih detail terkait “Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin”.

Jadi setelah mengetahui bolehkah minum vitamin saat perut kosong, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!