Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi sebagian orang menghadapi turbulensi pesawat emang sesuatu yang luar biasa menakutkan, apalagi buat para pemula yang baru beberapa kali naik pesawat. Nah, kali ini kita bakal membahas bagaimana tips aman saat turbulensi, simak sampai selesai, ya!

Pasalnya, turbulensi atau guncangan saat menaiki pesawat yang terjadi sering kali membuat kecemasan dan rasa takut bagi para penumpang. Padahal, turbulensi merupakan hal yang lumrah terjadi di penerbangan, lho!

Sebelum terbang ke destinasi tujuan, Kalian hendaknya memahami apa itu turbulensi pesawat supaya bisa menghadapinya dengan lebih tenang. Kemudian, apa itu turbulensi pesawat serta bagaimana tips melewatinya

Mengenal Turbulensi Pesawat

Pada dasarnya, turbulensi pesawat merupakan kondisi di mana terjadi pergantian tekanan serta kecepatan aliran udara secara ekstrem. Perubahan tersebut juga memunculkan guncangan pada badan pesawat.

Sesungguhnya, turbulensi pesawat lumrah terjadi serta tidak berbahaya. Masing-masing pesawat sudah dirancang sedemikian rupa supaya bisa kuat menghadapi turbulensi. Pilot pula bisa memprediksi kapan terjadinya turbulensi memakai radar cuaca. Biasanya, pemicu turbulensi yaitu terdapatnya awan ataupun cuaca kurang baik. Tidak hanya itu, terdapat pula clear air turbulence (CAT) yang justru terjadi di cuaca cerah.

Ada 4 tingkat turbulensi bersumber pada kekuatannya, yakni light turbulence (turbulensi ringan), moderate turbulence (turbulensi sedang), severe turbulence (turbulensi hebat), serta extreme turbulence (turbulensi sangat hebat). Kedua tingkat turbulensi yang terakhir lebih jarang terjadi.

Tips Aman Saat Turbulensi

I. Stop Kegiatan Makan dan Minum

Guncangan akibat turbulensi lumayan kencang, bila itu terjadi saat kalian tengah makan ataupun minum, hendaknya stop dahulu kegiatan makan atau minum tersebut. Hidangan serta minuman berisiko tumbah serta membasahi pakaian kalian. Kalian dapat letakkan wadah makan ataupun gelas minum kalian di lantai kabin ketika turbulensi terjalin.

II. Kencangkan Seat Belt

Pada saat pesawat mulai berguncang sebab turbulensi, ada baiknya kalian senantiasa duduk di kursi serta kencangkan setat belt. Bila tidak, badan kalian bisa jadi bakal kehilangan keseimbangan sebab tidak siap dengan turbulensi. Dengan mengenakan seat belt juga kurangi resiko cedera sebab terbentur ketika terjadi turbulensi.

III. Ketika Berada di Toilet

Apabila saat turbulensi, kalian lagi berada di toilet pesawat, jangan panik. Kalian dapat menutup ataupun melipat lidah toilet, kemudian duduk di atasnya sembari berpegangan buat menjaga keseimbangan. Apabila kalian lagi mencuci tangan, lekas duduk di dekat sudut wc buat menghindari kehilangan keseimbangan akibat guncangan turbulensi.

IV. Tulis Nama Sendiri

Menurut pilot asal Amerika Serikat, Captain Ron Nielsen, metode yang lumayan ampuh buat kurangi rasa khawatir serta panik kala turbulensi yaitu dengan menulis nama kalian sendiri dengan tangan yang tidak biasa digunakan.

"Tulis saja nama kalian dengan tangan yang berlawanan. Perihal ini bakal memforsir otak fokus ekstra kepada satu hal dibanding memikirkan hal di sekitar," ujar Nielsen, seperti dilansir dari dari situs News.

V. Jangan Sering Jalan-jalan di Kabin

Bisa jadi kalian merasa bosan ketika dalam penerbangan jarak jauh, sehingga merasa butuh jalan-jalan di kabin. Tetapi perihal ini jangan dicoba, terutama ketika terjadi turbulensi. Bila kalian lagi jalan di kabin dan terjadi turbulensi, hendaknya kalian menunduk di lantai kabin. Hal itu demi kurangi resiko kalian terbentur ketika turbulensi.

VI. Berbicara dan Sampaikan Rasa Takut ke Pramugari

Turbulensi pesawat memanglah bisa memunculkan rasa takut pada sebagian orang. Untuk Kalian yang sensitif terhadap guncangan, Kalian dapat meminta pergantian tempat duduk ke pramugari. Alasannya, beberapa area semacam area depan serta dekat sayap pesawat mempunyai dampak turbulensi yang lebih sedikit.

Itu dia beberapa penjelasan serta tips menghadapi turbulensi pesawat. Rasa panik serta takut pada saat naik pesawat memanglah normal. Tetapi, jangan sampai ketakutan membatasi keinginan Kalian buat bepergian, ya.

Selain itu ternyata ada factor lain, karena: “Peningkatan Kekerasan Turbulensi Pesawat Terbang Ternyata Terkait Pemanasan Global”.

Jadi setelah mengetahui tips aman saat turbulensi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!