Tips Mudik Aman Bersama Bayi: Ibu Gaperlu Panik Lagi Deh!
Tips Mudik Aman Bersama Bayi (Gambar tookapic - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bawa bayi kecil dalam perjalanan mudik lebaran 2023 bisa saja terasa membebani, terlebih bila ini merupakan mudik awal Anda dengan Si Kecil. Tetapi, tidak perlu begitu takut ya. Bila direncanakan dengan bagus, ekspedisi mudik dengan Si Kecil senantiasa dapat terasa aman serta mengasyikkan. Lalu adakah tips mudik aman bersama bayi?

Bayi sudah lumayan nyaman melakukan perjalanan jauh dikala umurnya menginjak 3 bulan serta keadaannya fit. Di bentang umur ini, berangkat bersama anak pula mengarah lebih gampang sebab dia belum dapat banyak beraktifitas.

Akan tetapi, banyaknya perkakas anak yang butuh dibawa kadang kala dapat terasa membebani. Ditambah, atmosfer baru di perjalanan dapat saja membuat anak merasa tidak aman, tidak dapat tidur, apalagi lebih rewel dari umumnya. 

Tips Mudik Aman Bersama Bayi

Persiapkan barang bawaan bayi dengan baik

Perkakas Si Kecil hendaknya dipisah dalam 2 tas. Tas awal yakni tas yang gampang dijangkau memuat keperluan penting Si Kecil, sampelnya beberapa popok, tisu, makanan bayi, susu formula, selimut, sebagian pakaian, serta mainan.

Di tas ini pula butuh diadakan kotak P3K buat berwaspada bila Si Kecil digigit serangga ataupun hadapi respon alergi ringan. Biasanya, ssi kotak P3K yakni termometer, obat luka, plester, perban, kasa, kapas bersih, obat meriang serta perih, semacam parasetamol ataupun ibuprofen, serta obat formula dokter.

Sebaliknya, tas kedua yakni tas lebih besar yang diisi dengan perlengkapan mandi, pakaian, gendongan bocah, popok persediaan, serta benda lain yang bisa jadi bakal dipakai esoknya. 

Pastikan moda transportasi yang nyaman

Jika Ibu mudik dengan moda transportasi umum, baik itu pesawat, kereta, ataupun bis, tanyakan terlebih dulu syarat perjalanan bersama anak serta gimana sarana pendukung yang diperoleh.

Umumnya, transportasi biasa sediakan bangku spesial anak yang dapat membuat Si Kecil bersandar lebih aman sepanjang di ekspedisi. Tidak hanya itu, ada bagusnya Ibu memilah bangku terdepan supaya mempunyai ruangan ekstra ataupun bangku dekat kamar kecil biar mempermudah Ibu mengganti popok Si Kecil.

Bila mudik dengan mobil pribadi, Si Kecil dianjurkan bersandar di car seat supaya keselamatannya terjaga. Car seat dipasangkan di bangku belakang. Apabila butuh, Ibu dapat menambahkan gorden pada jendela mobil di sisi bangku Si Kecil supaya beliau bebas dari paparan cahaya matahari langsung. 

Cukupi kepentingan makan serta minum

Memenuhi keperluan makan serta minum Si Kecil sepanjang ekspedisi mudik Idulfitri bakal buatnya senantiasa bertenaga serta menghalanginya dari bermacam permasalahan kesehatan, semacam mabuk perjalanan, kehilangan cairan tubuh, wasir, serta menceret.

Bila memakai moda transportasi pesawat, Ibu dianjurkan buat menyusui Si Kecil dikala pesawat lepas landas serta mendarat. Perihal ini untuk menghindari kuping Si Kecil nyeri dampak pergantian tekanan udara di dalam pesawat. 

Buat suasana senyaman mungkin

Supaya bayi senantiasa kalem sepanjang di perjalanan, sering- seringlah berhubungan dengannya. Membujuk beliau main dengan maianannya, membacakan buku, ataupun mengajaknya berdialog. Tidak hanya itu, sesekali bagikan pijatan halus pada badannya biar dia tidak pegal- pegal dan dapat merasa aman serta rileks.

Bawa bayi dalam perjalanan mudik bukan lagi jadi suatu yang membebani bila Ibu mempraktikkan tips- tips di atas. Perihal yang terpenting yakni yakinkan Ibu serta Si Kecil dalam situasi yang prima kala berangkat mudik supaya dapat menikmati ekspedisi serta merayakan Idulfitri dengan gembira. 

Jadi setelah mengetahui tips mudik aman bersama bayi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!