Bagikan:

YOGYAKARTA - Penumpang pesawat kerap mengkhawatirkan turbulensi ketika perjalanan udara. Turbulensi adalah terjadinya gerakan tidak beraturan di udara akibat aliran udara berubah drastis atau adanya arus vertikal. Sebenarnya turbulensi merupakan kondisi yang wajar dialami oleh pesawat. 

Pesawat biasanya mengalami turbulensi ketika menabrak awan atau menghadapi cuaca buruk. Dalam kondisi yang ringan, turbulensi bisa menyebabkan getaran atau benturan yang dirasakan penumpang pesawat. Tapi jika kasusnya lebih parah, turbulesi berpotensi membuat pesawat terguncang keras. 

Meski turbulensi cukup mengganggu kenyamanan, sebenarnya setiap pesawat sudah dirancang untuk mampu menahan turbulensi. Selain itu, pilot juga bisa melihat dari radar cuaca untuk memperkirakan kapan bakal mengalami trubulesi. 

Gangguan turbulensi memang sering tak terhindarkan ketika Anda naik transportasi pesawat. Ada beberapa rute penerbangan dengan turbulensi terparah yang perlu Anda tahu bagi yang kerap melakukan perjalanan udara. 

Deretan Rute Penerbangan dengan Turbulensi Terparah

Dalam penerbangan pesawat, ada jalur atau rute yang dilalui di udara. Rute penerbangan ini sebagai arahan atau lintasan supaya pesawat tetap berada di jalur masing-masing dan tidak bertabrakan dengan pesawat lainnya.

Namun setiap rute penerbangan memiliki karakteristik yang berbeda lantara kondisi alam hingga geografis di masing-masing jalur. Misalnya, ada rute penerbangan dengan turbulensi tinggi dan ada pula yang minim turbulensi. 

Bagi orang yang sering naik pesawat, turbulensi mungkin tidak terlalu membuat khawatir. Namun bagi orang yang baru naik pesawat pertama kali atau beberapa kali, turbulensi bisa menimbulkan kepanikan atau ketakutan. 

Berdasarkan data dari Pusat Penelitian Atmosfer Nasional, secara keseluruhan sekitar 65.000 penerbangan merasakan turbulensi setiap tahunnya. Sementara itu, sekitar 5.000 penerbangan menghadapi turbulensi tingkat parah. 

Situs prediksi turbulensi Turbli mengganti 150.000 rute penerbangan yang mendapatkan turbulensi parah di tahun 2023. Hasilnya ada sebanyak 10 rute penerbangan domestik dan internaional yang disebut sebagai rute paling bergejolak atau mengalami turbulensi parah. 

Berikut ini 10 rute penerbangan pesawat di dunia yang mengalami turbulensi parah:

  • Santiago (SCL) - Santa Cruz (VVI)
  • Almaty (ALA) - Bishkek (FRU)
  • Lanzhou (LHW) - Chengdu (CTU)
  • Centrair (NGO) - Sendai (SDJ)
  • Milan (MXP) - Jenewa (GVA)
  • Lanzhou (LHW) - Xianyang (XIY)
  • Osaka (KIX) - Sendai (SDJ)
  • Xianyang (XIY) - Chengdu (CTU)
  • Xianyang (XIY) - Chongqing (CKG)
  • Milan (MXP) - Zurich (ZRH).

Apabila Anda melakukan perjalanan di rute-rute di atas, jangan kaget jika akan mengalami turbulensi. Sebaiknya Anda was-was atau bersiap diri untuk merasakan guncangan atau getaran di pesawat. 

Rute Penerbangan dengan Turbulensi Paling Parah

Santiago dan Santa Cruz merupakan salah satu rute penerbangan dengan turbulensi paling sering di dunia. Hal ini tidak mengherankan karena rute sepanjang 1.899 km ini melewati pegunungan Andes.

Saat pesawat melintasi pegunungan dengan kecepatan tinggi, gelombang udara gunung dapat menyebabkan pesawat naik turun secara tiba-tiba akibat pola udara yang menghantamnya.

Enam dari rute penerbangan paling turbulensi adalah rute domestik di Jepang dan China. Menurut Gallego Marcos, rute-rute di Jepang dan China sering mengalami turbulensi karena tingginya aktivitas aliran jet di kawasan tersebut.

Jet Stream adalah aliran angin sangat kencang yang bergerak dari Barat ke Timur, membentang di ketinggian 8,5 km hingga 11,2 km di atas permukaan laut. Rute antara Almaty di Kazakhstan dan Bishkek, ibu kota Kyrgyzstan, menempati peringkat kedua. 

Rute ini dikenal sebagai salah satu yang paling sering mengalami turbulensi. Berdasarkan catatan kasus yang ada, tujuh orang terluka dalam satu penerbangan yang berat tahun lalu akibat turbulensi.

Demikianlah rute-rute penerbangan dengan turbulensi terparah yang ada di dunia. Jika Anda akan bepergian melewati rute-rute di atas, sebaiknya bersiap diri sejak awal. Apabila mengalami turbulensi di tengah perjalanan udara, pastikan menjaga sikap tenang dan jangan panik berlebihan. Baca juga 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.