Bagikan:

YOGYAKARTA – Minum susu memang sangat baik bagi kesehatan. Namun perlu diperhatikan saat-saat yang perlu dihindari untuk minum susu salah satunya adalah saat perut kosong. Ada efek samping minum susu saat perut kosong yang perlu dihindari karena akan berdampak pada masalah lain di perut.

Efek Samping Minum Susu saat Perut Kosong

Ada beragam manfaat minum susu untuk orang dewasa adalah mencegah osteoporosis hingga menguatkan gigi. Namun manfaat tersebut akan jadi masalah jika susu diminum saat perut kosong.

Dalam situs Health Site dijelaskan bahwa sebagian orang akan memulai hari dengan minum segelas susu sebelum perut terisi makanan. Sayangnya kebiasaan tersebut ternyata berpotensi memicu masalah.

Sebuah penelitian yang dilakukan belum lama terkait dampak minum susu saat perut kosong justru memicu kekhawatiran tertentu. Berikut ini dampak minum susu sebelum sarapan untuk kesehatan.

  1. Masalah di Pencernaan

Susu yang diminum sebelum sarapan atau saat perut kosong di pagi hari ternyata memicu masalah di pencernaan. Beberapa masalah yang bisa terjadi seperti kembung hingga diare. Kondisi itu bisa terjadi karena laktosa dengan jumlah tinggi di susu yang mungkin akan sulit dicerna oleh perut beberapa orang khususnya saat perut kosong.

  1. Memicu Asam di Usus

Tahukah Anda bahwa susu ternyata bersifat asam. Saat minum susu dalam kondisi perut kosong akan meningkatkan keasaman di usus dan itu bisa jadi cukup buruk. Saat tingkat asam di usus naik akan berpotensi terjadi refluks asam, rasa mulas, hingga pencernaan jadi tidak nyaman.

  1. Penyerapan Nutrisi Kurang Maksimal

Susu bisa mengganggu penyerapan nutrisi. Hal itu terjadi karena kalsium dalam susu yang terikat dalam nutrisi akan mencegah tubuh melakukan penyerapan mineral penting. Jika kondisi ini terus terjadi maka dapat memicu tubuh kurang nutrisi.

  1. Memicu Kenaikan Berat Badan

Susu tidak hanya mengandung kalsium namun juga kalori yang berpotensi menambah berat badan tubuh khususnya jika dikonsumsi sebagai asupan pertama saat pagi hari. Kalori susu yang terserap dalam tubuh mungkin tidak dipakai secara efektif jika susu diminum pertama kali saat perut kosong. Saat itu terjadi, asupan kalori akan berpotensi menambah bobot tubuh.

  1. Risiko dan Reaksi Alergi

Seseorang yang mudah alergi atau punya sensitivitas pada protein susu akan mengalami masalah tertentu seperti gatal. Bahkan dalam kasus yang lebih parah, orang tersebut akan merasa gejala alergi yang makin parah jika punya kebiasaan minum susu sebelum sarapan.

  1. Hormon Jadi Tidak Seimbang

Tahukah Anda bahwa susu punya kandungan hormon misalnya estrogen dan progesteron. Keduanya bisa memicu ketidakseimbangan hormonal tubuh jika dikonsumsi terutama saat perut kosong. Jika itu terjadi, kesehatan tubuh akan terganggu.

  1. Memicu Penumpukan Lendir

Produksi lendir di saluran pernapasan bisa meningkat saat seseorang minum susu saat perut kosong. Kondisi tersebut bisa terjadi pada sebagian orang dan saat terjadi penyakit seperti asma atau sinusitis akan kambuh sehingga napas makin sulit.

Itulah beberapa efek samping minum susu saat perut kosong. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.