Bagikan:

YOGYAKARTA – Rasulullah tidak hanya menjadi tauladan bagi amalan yang berkaitan dengan ibadah umat Islam, namun bisa jadi contoh dalam menerapkan hidup sehat. Pola hidup sehat ala Rasulullah tidak hanya menjadi sarana mencapai kebugaran dan kesehatan tubuh namun sebagai upaya mendapat berkah karena mencontoh nabi Muhammad SAW.

Pola Hidup Sehat ala Rasulullah

Salah satu alasan mengapa harus menerapkan pola hidup ala Nabi Muhammad SAW adalah manfaat kesehatan. Buktinya, selama hidup, Rasulullah SAW  tercatat hanya sakit sebanyak dua kali yakni saat diracun oleh Zainab binti Al-Harits dan menjelang wafat, dilansir dari NU Online.

Untuk mencapai kiat sehat ala Nabi Muhammad, berikut ini pola hidup yang diterapkan.

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Rasulullah menekankan kebersihan diri karena hal tersebut pangkal dari kesehatan. Ada banyak tindakan yang dicontohkan Nabi SAW dalam menjaga kebersihan seperti rajin cuci tangan, potong kuku, dan mandi.

Bahkan Rasulullah juga memberikan contoh bagaimana menjaga kebersihan gigi dengan cara bersiwak sebagaimana arti dari hadits berikut.

“Para ulama mengatakan bahwa disunnahkan untuk melatih kebiasaan anak kecil untuk bersiwak supaya anak terbiasa melakukannya sebagaimana ibadah-ibadah yang lain,” (Imam Nawawi, Al-Majmu’ Syarah al-Muhadzab, [Dar al-Fikr], juz 1, hal. 283).

  1. Menjaga Makanan

Rasulullah SAW juga menekankan makan makanan sehat, bersih, dan bergizi. Rasulullah bahkan memperhatikan makanan tertentu yang membantu menyehatkan tubuh seperti makan buah kurma, ara, susu, minyak zaitun, daging, dan sebagainya.

Dikutip dari NU Online, Rasulullah memiliki hidangan favorit salah satunya adalah talbinah yakni sejenis sup dengan isian lemak, gandum, madu, dan sayuran hijau. Dalam buku yang berjudul Sehat Ala Nabi: 365 Tips Sehat Sesuai Ajaran Rasulullah yang ditulis oleh Mohammad Ali Toha Assegaf mengatakan bahwa talbinah sangat baik dalam meningkatkan imun tubuh, menjaga keseimbangan badan, hingga memberi kekuatan.

Selain itu Rasulullah juga mengonsumsi roti gandum. Alkisah Rasulullah pernah mengajak Jabir bin Abdullah untuk makan roti gandum yang dikonsumsi bersamaan dengan cuka.

  1. Minum Madu

Rasulullah menjadikan madu sebagai asupan yang berkhasiat. Bahkan Nabi SAW menganggap kandungan nutrisi pada madu bisa menjadikannya sebagai obat.

Di buku Revolusi Hidup Sehat ala Rasulullah yang ditulis oleh Mohammad Takdir Ilahi dikatakan bahwa Rasulullah punya kebiasaan minum segelas air yang dicampur madu saat sarapan.

  1. Menerapkan Adab Makan yang Baik

Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan adab makan yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Adab-adab tersebut seperti makan dengan tangan kanan, tak meniup makanan yang masih panas.  Rasulullah juga menyarankan untuk rajin olahraga seperti memanah, jalan kaki, dan kegiatan fisik lainnya.

Itulah beberapa pola hidup sehat ala Rasulullah. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.