TikTok Shop Tutup, Alice Norin dan Karyawan Nangis Bareng
Alice Norin (Instagram @alicenorin)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok Shop secara resmi ditutup pada Rabu, 4 Oktober pukul 17.00. Penutupan TikTok Shop sesuai dengan penerbitan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 yang berdampak dengan penutupan fitur ini di Indonesia.

Alice Norin, salah satu artis yang juga memiliki bisnis melakukan siaran langsung terakhir sebelum TikTok Shop ditutup. Ia bersama beberapa karyawannya melakukan diskon penjualan yang bisa diakses oleh pembeli.

Beberapa saat kemudian, Alice Norin mengunggah momen ketika para karyawannya yang menangis di balik layar siaran langsung. Air mata tidak bisa dibendung lagi ketika Alice dan karyawannya menangis.

Sebelum jam menunjukkan pukul 17.00, para karyawan mulai berteriak untuk hitung mundur bersama. Tidak sedikit dari mereka yang terus menangis sebelum Alice Norin mengisyaratkan untuk menutup siaran tersebut.

“Akhirnya hari ini datang juga, tetap usaha sampai detik terakhir. Ini bukan cuma soal ‘artis jualan di TikTok’ tapi lebih dari itu. Ada banyak kepala & keluarga yang bergantung dari usaha ini,” begitu keterangan dalam video yang diunggah Alice Norin.

"Terimakasih untuk kalian semua. Terharu banget aku sama antusiasme kalian di akhir live aku hari ini. Goodbye Tiktok Shop!" tulis Alice Norin.

Beberapa rekan selebriti mengirimkan dukungan kepada Alice Norin agar tetap kuat menjalani situasi ini.

“Baru liaatt….ini jauh lebih sedihhh sih memangg apalagi liat air mata kamu jatoh 🥹 omgg….zaadddd gimanaa iniiihhh…” tulis Citra Kirana.

"Sediihh gw jdnyaa," kata Nafa Urbach.

"Semangat sayang!!!" ucap Richa Iskak.

Alice Norin merupakan salah satu artis yang terjun ke dunia fesyen sebelum fitur TikTok Shop tersedia di Indonesia.

TikTok Shop resmi hilang dari Indonesia di mana tidak ada tombol Shop dan pilihan keranjang kuning sudah tidak tersedia.

“Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB,” kata pihak TikTok mengenai penutupan ini.