Bagikan:

JAKARTA - Russell Brand dilaporkan melakukan pelecehan dan pemerkosaan dalam laporan terbaru Sunday Times. Hal ini terungkap setelah dokumenter Dispatches menayangkan kesaksian lima wanita terkait kabar tersebut.

Brand disebut melakukan pemerkosaan kepada empat wanita dimulai tahun 2006 sampai 2012. Diketahui, Russell Brand menikah dengan Katy Perry selama dua tahun yaitu sejak tahun 2010 hingga 2012.

Melansir Variety, salah satu terduga korban menyebut presenter kondang itu memperkosanya ketika ia berumur 16 tahun dan Brand berumur 30 tahun. Brand memaksa memasukkan alat kelaminnya ke tenggorokan hingga membuat wanita itu tersedak.

Pada kejadian lainnya, ia mengetahui Brand dengan sengaja mencabut kondomnya ketika berhubungan tanpa sepengetahuan wanita tersebut.

Terduga korban lainnya menjelaskan ia diperkosa Brand di kediamannya di Los Angeles pada tahun 2012, korban ketiga menyebut ia diperkosa di Hollywood Barat tahun 2013 dan mengancam akan melaporkan ke pihak berwajib jika wanita ini berbicara soal kejadian tersebut.

Mantan asisten Russell Brand, Helen Berger mengungkap bahwa sang artis pernah menunjukkan foto-foto intim wanita kepada teman-temannya termasuk beberapa wanita yang dia kenal.

Menjelang penampilannya di Wembley Park Theater lalu, Russell Brand membantah laporan ini melalui video yang diunggah di YouTube berjudul So, This Is Happening. Dia membantah seluruh klaim dari dokumenter tersebut dan menganggap ini bentuk serangan kepadanya.

“Tuduhan ini berkaitan dengan saat saya bekerja di media arus utama, saat saya selalu tampil di surat kabar, saat saya tampil di film. Dan seperti yang telah saya tulis secara ekstensif di buku saya, saya sangat, sangat bebas memilih,” kata Russell Brand dalam video tersebut.

“Hubungan yang saya miliki selalu bersifat suka sama suka. Saya selalu transparan tentang hal itu – hampir terlalu transparan – dan sekarang saya juga transparan tentang hal itu,” lanjutnya.

Bersamaan dengan kasus itu, agen Russell Brand - Tavistock Wood memilih mundur dari posisinya. Wood juga sempat dihbubungi oleh salah satu korban mengenai pengalamannya dengan Russell Brand.

“Russell Brand dengan tegas dan tegas membantah tuduhan yang dibuat pada tahun 2020, tetapi kami sekarang yakin bahwa kami telah disesatkan olehnya. TW telah memutuskan semua hubungan profesional dengan Brand,” kata pihak Tavistock Wood.

Selama beberapa tahun belakangan, Russell Brand memilih aktif sebagai guru wellness dan aktif melalui media sosial dibandingkan tampil di televisi. Namanya mulai populer ketika ia menjadi presenter dalam acara milik MTV dan lainnya.

Namanya semakin disorot ketika ia menikah dengan Katy Perry, namun menceraikan Perry ketika sang penyanyi sedang menggelar tur dunia.