Bagikan:

YOGYAKARTA – Ular merupakan salah satu jenis hewan reptil yang dapat memunculkan rasa takut sekaligus membuat panik. Karena dianggap sebagai hewan yang berbahaya, banyak orang yang melakukan tindakan ceroboh degan dalih untuk mengusir ular yang muncul di sekitar rumah atau tempat terbuka.  Tindakan ini tidak tepat untuk dilakukan, sebab ular yang diganggu saat sedang diam bisa berbalik menyerang manusia yang ada di dekatnya. Lantas, apa yang harus kita lakukan jika bertemu ular?

Hal pertama yang harus dilakukan ketika berjumpa ular di dalam rumah atau di tempat terbuka adalah jangan panik.

Jika masih awam, segera hubungi petugas pemadam kebakaran atau snake rescuer. Selain itu, pantau arah ular bersembunyi atau berpindah untuk memudahkan rescuer mencari dan menangkap ular tersebut. Lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Bertemu Ular

Ketika berjumpa ular, jangan panik, apalagi mengganggunya. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika bertemu ular:

1. Tetap tenang dan jangan mengganggu ular

Tindakan pertama yang harus Anda lakukan ketika bertemu hewan reptil tersebut adalah tetap tenang dan jangan mengganggu atau memprovokasi ular dengan cara apapun meski dalam kondisi diam atau tidak mematikan, dikutip dari Siyabona Africa.

Ular bisa saja berpura-pura mati dan dapat menyerang ketika diganggu. Jika sampai menginjaknya, segera menjauh dari ular tersebut.

2. Mundur perlahan

Tindakan lain yang dapat Anda lakukan ketika melihat ular dari dekat adalah mundur secara perlahan. Jangan bergerak mendadak agar kehadiran Anda tidak dianggap sebagai ancaman.

3. Bergerak tidak lurus

Ular yang merayap di tanah besar kemungkinan tidak akan menyerang. Akan tetapi, ular yang berdiri atau menegakkan leher menunjukkan sifat agresif dan kemungkinan besar akan menyerang.

Jika Anda diserang atau dikejar ular, bergeraklah berbelak-belok ke kanan kiri. Sebab kebanyakan ular akan bergerak maju dan hanya dalam garis lurus.

4. Segara keluar dari ruangan yang ada ular

Ajak semua orang untuk keluar dari ruangan yang dimasuki ular. Tutup pintu dan celah di bawahnya dengan handuk, kemudian hubungi pemadam kebakaran atau snake rescuer untuk meminta bantuan, menyadur Good Living.

5. Giring ular dengan sapu

Menukil laman Human Society, jika memungkinkan, buka pintu terdekat dengan hati-hati dan gunakan sapu untuk mengiring ular keluar ruangan dengan hati-hati.

Jika Anda tidak dapat menggiring ular tersebut – dan ular tersebut berukuran kecil atau melingkar, letakkan ember kosong atau keranjang sampah secara perlahan di atasnya, lalu tambahkan beban di atas ember untuk menjebak ular tersebut sampai pawang yang berpengalaman tiba.

6. Biarkan ular di dalam ruangan

Dikutip dari laman Dewan Taman Nasional Singapura, jangan pernah mendekati atau mencoba memegang ular yang muncul di luar rumah. Biarkan ular tersebut hidup di habitat aslinya dan jangan dibunuh.

Ketika merasa terganggu dengan kehadiran ular, minta bantuan snake rescuer, tapi janggan ganggu ular tersebut sendirian.

Demikian jawaban dari pertanyaan “apa yang harus kita lakukan jika bertemu ular”. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.