Seekor Ular King Kobra Berukuran Panjang 2 Meter Dievakuasi dari Pondok Kelapa, Jakarta Timur
Petugas mengevakuasi ular King Kobra yang ditemukan di sebuah lahan parkir kawasan Billymoon di Duren Sawit, Jakarta Timur. (VOI/Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Seekor ular jenis King Kobra berhasil dievakuasi petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur setelah dilaporkan sempat membuat panik warga di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur pada Sabtu, 2 Juli, pukul 20.20 WIB.

"Laporan diterima pada hari Sabtu 2 Juli sekitar pukul 19.51 WIB. Pelapor seorang warga bernama Alfian," kata Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, Minggu, 3 Juli.

Setelah menerima laporan, pihak Sudin Gulkarmat mengerahkan anggota rescue sebanyak 4 orang untuk mengevakuasi ular.

"Ular dievakuasi dari kawasan Kompleks Billymoon, RT 01/06, Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur," ujarnya.

Proses evakuasi ular hanya memakan waktu 10 menit. Selanjutnya ular berhasil dievakuasi petugas dan diamankan.

"Ular itu jenis King Kobra sepanjang 2 meter. Posisi ular berada di balik coran parkir. Ular ditangkap menggunakan alat pencapit ular," katanya.

Awalnya, keberadaan ular itu ditemukan oleh seseorang warga. Dia melihat ular tengah melintas di halaman parkir sebuah kampus di kawasan Duren Sawit.

"Jadi awalnya ular itu terjepit diantara beton. Evakuasi berjalan lancar, tidak ada korban jiwa dan luka. Ular pun berhasil dievakuasi," ucapnya.

Ular tersebut nantinya akan dilepas kembali ke habitatnya atau diserahkan ke pemerhati reptil.