Bagikan:

YOGYAKARTA – King kobra adalah salah satu spesies ular beracun yang panjangnya bisa mencapai 5,6 meter. Ular ini memang memiliki bisa racun yang sangat berbahaya, bahkan mampu membunuh seekor gajah. Meski cukup berbahaya, saat bertemu ular ini sebaiknya tidak dibunuh. Ada beberapa alasan kenapa tidak boleh membunuh king kobra saat menjumpai ular berbahaya ini.

Alasan Kenapa Tidak Boleh Membunuh King Kobra

Dilansir dari Cebudailynews, ular kobra dianggap sebagai salah satu spesies penting lingkungan. Berikut ini beberapa alasan larangan membunuh ular king kobra.

  1. Ular king kobra menjaga keseimbangan ekosistem

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa ular king kobra memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Ular ini membantu mengendalikan populasi ular lain terutama ular lain yang berbisa.

Selain itu, spesies ular ini juga membantu mengendalikan hama tikus yang cukup mengganggu terutama di kawasan lahan pertanian. Jika populasi king kobra semakin sedikit, tikus dan ular beracun lainnya akan semakin banyak.

  1. Bisa racun king kobra berpotensi jadi obat

Menariknya lagi, bisa racun yang dimiliki oleh king kobra ternyata berpotensi menjadi obat.  Ohanin, sebutan untuk bisa ular kobra, dapat dikembangkan menjadi obat penghilang rasa sakit yang efeknya 20 kali lebih kuat dibanding morfin dan tanpa efek samping apapun. Racun ini berpotensi bisa digunakan sebagai bagian dari pengobatan kanker bahkan diabetes.

  1. Terancam punah

Jumlah ular king kobra saat ini semakin berkurang dan terancammengalami kepunahan. Berdasarkan penelitian di India, ular kobra di negara tersebut mengalami penurunan sekitar 30 persen selama 75 tahun terakhir. Hal tersebut dipicu oleh perusakan habitat dan perburuan besar-besaran oleh manusia.

Ular king kobra terpaksa mencari tempat persembunyian baru termasuk ke desa-desa sekitar hutan akibat penebangan hutan serta ekologi yang terganggu karena para pemburu. Karena alasan itu wajar jika king kobra terpaksa mencari perlindungan di pemukiman manusia.

Selain beberapa alasan di atas, membunuh king kobra jadi sesuatu hal yang berisiko terlebih jika dilakukan olah orang yang tidak berpengalaman. Saat ular ini masuk ke dalam rumah atau pekarangan, disarankan untuk memanggil pengendali ular atau seorang profesional yang mampu menangani keberadaan ular ini.

Perlu diketahui pula bahwa king kobra adalah ular yang cenderung menghindari manusia. Ular ini bisa muncul di pekarangan ketika mereka sedang mencari mangsa atau ketika mereka sedang terancam.

Itulah informasi terkait kenapa tidak boleh membunuh king kobra. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.