Bagikan:

JAKARTA - Warga di Komplek DDN, RT 12/08, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur digegerkan dengan kemunculan ular jenis piton di atas atap rumah salah satu warga. Munculnya ular di perumahan mewah itu membuat warga panik.

Kemunculan ular secara misterius itu langsung dilaporkan ke pengurus RT setempat dan diteruskan ke Kantor Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur.

"Setelah mendapat laporan dari Ketua RT 12/08, kami kerahkan 4 personel rescue untuk melakukan evakuasi ular ke lokasi," kata Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi, Senin, 29 Mei.

Proses evakuasi berlangsung singkat sekitar 30 menit. Petugas menggunakan alat pencapit ular untuk menangkap dan mengevakuasi ular ke tempat yang telah disiapkan.

"Ular itu bersembunyi di dalam plafon rumah. Panjang ular mencapai 3,5 meter. Setelah berhasil dievakuasi, ular pun dimasukkan ke dalam boks yang sudah disediakan," ujarnya.

Proses evakuasi ular itu mendapat apresiasi dari ketua RT setempat. Pasalnya, tanpa bantuan petugas, warga tidak mengerti dalam melakukan tindakan apapun.

"Saya selaku ketua RT 012, mengucapkan banyak terima kasih dari tim pemadam kebakaran duren sawit atas kinerjanya dalam mengevakuasi ular piton di atap rumah warga kami," singkatnya.