Bagikan:

JAKARTA - Seekor ular sanca berukuran besar muncul di dalam rumah kosong tak berpenghuni di Jalan Swakarsa III, Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat, 14 Juni. Ular sepanjang 4 meter itu bergerak ke arah permukiman warga.

Kemunculan ular itu diketahui oleh Sahan, petugas keamanan perumahan setempat. Dirinya melihat kemunculan ular saat tengah berjaga.

"Ada laporan ular di pinggir jalan, saya ke sana. Panjang ularnya empat meteran. Langsung lapor ke pemadam," ucap Sahan kepada wartawan.

Warga yang melihat adanya kemunculan ular besar, segera melaporkan ke petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur untuk mengevakuasi ular tersebut.

Danru Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Sektor Duren Sawit, Singgih mengatakan, setelah mendapat laporan adanya ular di Jalan Swakarsa, pihaknya langsung menuju lokasi.

"Terkait ular tersebut sering dilihat dan baru kali ini terlihat lagi. Ular sendiri panjangnya 4 meteran jenisnya sanca batik. Menurut warga ular ini sudah dipantau lama," katanya.

Proses evakuasi ular terkendala pagar rumah kosong yang digembok. Sehingga petugas kesulitan menjangkau akses masuk ke dalam rumah kosong.

"Kendalanya karena ular berada di rumah kosong jadi kita agak sulit untuk masuk. Kita sempat membuka gembok pagar dan ular bisa kita tangkap," ujarnya.

Sementara evakuasi ular berlangsung sekitar 15 menit. Sebanyak 4 tim rescue diterjunkan untuk menangkap ular dengan alat pencapit.